Lawan Petugas dan Mencoba Kabur, Pelaku Curat di Makassar Dihadiahi Timah Panas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Tim Resmob Polsek Makassar kembali menciduk pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), Minggu (13/08/2017).

Sekitar pukul 21.00 wita Tim Resmob Polsek Makassar yang dipimpin oleh Kanit Resmob Polsek Makassar Iptu Theodorus Echael,S.Ik melakukan patroli di sekitar wilayah hukumnya dan berhasil menjaring seorang pelaku curat di Jl Veteran Selatan.

Awalnya Tim Resmob Polsek Makassar menerima laporan seorang warga masyarakat tentang adanya pencurian dengan pemberaan (curat) yang sering terjadi di sekitaran Jl. Veteran Selatan. Sehingga Tim Resmob Polsek Makassar melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan seorang pelaku lk AR(22) yang sedang menjalankan aksinya.

Dari tangan pelaku lk AR(22), Tim Resmob Polsek Makassar berhasil mengamankan satu buah hp merk Samsung J5 warna putih yang di lapisi dengan silikon berwarna hitam.

Setelah dilakukan interogasi terhadap pelaku lk. AR(22), pelaku lk AR(22) mengakui bahwa benar dirinya sudah berulang kali melakukan pencurian dengan pemberatan (curat) dan mengambil barang-barang milik korbannya seperti hp dan notebook.

“Kemudian setelah diambil, saya langsung menjual barang tersebut untuk menghilangkan barang bukti”, ujar lk AR(22).

Kemudian pelaku lk AR(22) dibawah ke Polsek Makassar Guna Proses penyelidikan lebih lanjut. Namun saat ingin di bawah ke Polsek Makassar pelaku lk AR(22) tiba – tiba melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri, sehingga anggota Tim Resmob Polsek Makassar memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali namun pelaku lk AR (22) tidak menghiraukan sehingga anggota Tim Resmob Polsek Makassar mengambil tindakan tegas denan melumpuhkan kedua kaki pelaku lk AR (22) dengan timah panas.

Selanjutnya pelaku langsung di bawah ke rumah sakit Bhayangkara Makassar guna mendapatkan perawatan medis.

Banyaknya kejadian mengerikan seputar aksi canggih para maling tersebut membuat kita mesti waspada dan lebih hati-hati dalam menjaga keamanan rumah. Berikut tips terhindar dari kejahatan para maling rumah :

1. Selalu cek pintu dan jendela saat keluar
Pintu dan jendela merupakan celah utama bagi para maling untuk menerobos masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengunci pintu dan jendela saat keluar rumah atau saat hendak tidur. Jika perlu tambahkan teralis pada jendela Anda.
2. Gunakan kunci ganda

Demi keamanan rumah Anda, pastikan membuat gembok ganda untuk rumah Anda. Jadi, tidak hanya satu kunci, tapi masih ada gembok atau kunci tambahan (missal, selot/grendel atas dan bawah) yang membuat rumah Anda semakin aman.

3. Pastikan lampu depan menyala
Apabila rumah Anda sering kosong karena pulang larut malam, pastikan gunakan lampu depan otomatis. Posisi lampu yang menyala dapat membantu mengecoh maling, karena mereka pikir rumah tersebut berpenghuni. Rumah yang gelap menjadi celah yang memudahkan maling masuk.

4. Pasang CCTV atau kamera
Jika ingin lebih mudah memantau kondisi keamanan rumah, Anda bisa memasang CCTV atau kamera pengintai diarea tertentu yang memudahkan Anda untuk memonitor rumah.

5. Selalu waspada dengan tamu tak dikenal
Ada sebagian maling yang menyamar sebagai tamu untuk menggambar kondisi rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu waspada terhadap tamu atau orang tak dikenal yang datang ke rumah Anda.

6. Simpan barang berharga di tempat yang aman
Jika memiliki barang berharga, pastikan menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Jika diperlukan, And abisa menggunakan jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

7. Catat nomor-nomor penting
Sebagai langkah antisipasi, pastikan Anda mencatat nomor-nomor telepon petugas keamanan terdekat, kantor polisi, tetangga terdekat, pak RT, dan lainnya. Jadi, ketika ada sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

8. Biasakan bangun di sepertiga malam terakhir
Bangun di sepertiga malam terakhir termasuk salah satu cara untuk menjaga rumah dari incaran maling. Seperti yang kita tahu, sepertiga malam terakhir adalah waktu dimana kebanyakan manusia terlelap dalam mimpinya. Dengan begitu, maling leluasa menyatroni rumah Anda. Tapi jika Anda terjaga pada waktu itu, otomatis rumah Anda akan terhindar dari incaran maling.

Penulis : Bara
Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password