Semarakkan Hari Jadinya ke-69, Polwan Polda Sulut Gelar Public Speaking Competition

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadinya ke-69 yang jatuh pada tanggal 1 September 2017, Polwan Polda Sulut menggelar Public Speaking Competition, yang digelar di aula Catur Prasetya Mapolda Sulut, Senin (14/8/2017).

Para peserta lomba berjumlah 10 orang, terdiri dari perwakilan masing-masing Polres jajaran dan 1 peserta Polwan Polda Sulut.

Adapun tema yang telah ditetapkan oleh panitia adalah seputar perlindungan terhadap perempuan dan anak dari tindak pidana, pencegahan dampak pornografi dan bahaya narkoba.

Terkait tema tersebut, Ibu Asuh Polwan Polda Sulut, Ny. Ruthy Bambang Waskito yang hadir sebagai salah satu juri penilai berharap, Polwan bisa menjadi sebagai garda depan khususnya permasalahan perempuan dan anak, karena punya kewenangan khusus dalam pemeriksaan. Untuk itu beliau berharap peran Polwan semakin diperkuat.

“Permasalahan ini seperti gunung es, kasus perselingkuhan banyak terjadi terutama yang menjadi korbannya adalah perempuan, apalagi dalam kasus perselingkuhan itu ada anak yang dilahirkan. Nah, mungkin belum ada LP khusus untuk penanganan permasalahan ini di Sulut, tapi sebisa mungkin besar harapan saya Polwan Polda Sulut dapat berperan nyata, karena perempuan adalah tiang negara dan anak-anak adalah masa depan kita,” jelas Ny. Ruthy yang juga menjabat sebagai Ketua PD Bhayangkari Sulut.

Beliau sangat mengapresiasi kegiatan Public Speaking Competition yang digelar oleh panitia. “Sangat bagus sekali, khusus untuk peserta polwan ada beberapa yang bagus secara materi tapi dalam penyampaian agak kurang interaktif,” katanya.

Banyak kegiatan Polda Sulut yang sudah tergelar, hasil kolaborasi antara anggota Polri, Polwan dan Bhayangkari. Beliau berharap, Sulawesi Utara akan muncul Polwan-Polwan yang menjadi garda depan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Saya ucapkan selamat kepada Polwan se-Indonesia yang akan berulang tahun pada tanggal 1 September nanti, besar harapan saya Polwan akan semakin profesional, modern dan terpercaya, baik profesinya sebagai Polisi Wanita maupun tugas khusus sebagai isteri bagi yang sudah menikah, ibu dari anak-anaknya dan sebagai anggota masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

IMG_1150

Sementara itu menurut Koordinator Polwan Polda Sulut AKBP Meity Wongkar, kegiatan ini sudah pernah dilakukan beberapa waktu lalu tetapi lebih mengarah pada berbicara efektif.

“Banyak sekali aspek yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, meningkatkan kecerdasan bahasa baik Bahasa Indonesia maupun internasional serta meningkatkan kemampuan presentasi,” katanya.

Beliau juga bersyukur adik-adik yang berpangkat Bripda sudah mampu dan berani berbicara di depan umum. “Jadi tujuannya juga untuk melatih keberanian diri, karena tugas Polri berhadapan dengan masyarakat, dilatih seperti ini sehingga saat berhadapan dengan masyarakat, Polwan sudah terampil dalam berbicara, menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat,” harap AKBP Meity yang juga menjabat Wadir Binmas Polda Sulut.

Beliau juga berharap masyarakat tetap selalu berhati-hati terkait human trafficking ini. “Kami harapkan masyarakat jangan sampai terbujuk oleh rayuan-rayuan oknum warga sehingga terjerumus ke dalam human trafficking, dengan iming-iming kerja di luar dengan gaji yang besar,” katanya.

Dari hasil penilaian oleh 5 orang juri, terdapat 4 Polwan yang terpilih untuk diseleksi kembali. Dan dari 4 orang tersebut kemudian akan dipilih lagi satu orang untuk mewakili Polwan Polda Sulut pada lomba public speaking di Jakarta.

Selain Public Speaking Competition, Polwan Polda Sulut juga rencananya akan melaksanakan berbagai kegiatan menyemarakan hari jadinya. “Kita juga masih akan melaksanakan pelatihan PKS di sekolah-sekolah dan penyuluhan kamtibmas, melaksanakan olah raga bersama, bakti sosial, donor darah dan kunjungan ke orang sakit dan sesepuh polwan,” tandasnya.

Penulis: Supri
Editor: Umi Fadilah
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password