Lomba Baca Kitab Kuning di Babel : Juara Umum Diberikan Hadiah Umroh Oleh Kapolda

PhotoPictureResizer_170813_193726999-576x324-320x180

Tribratanews.polri.go.id – Polda Babel, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Drs. Anton Wahono secara resmi  menutup acara Lomba Baca Kitab Kuning di Gedung Tribrata Mako Polda Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (13/8/2017) pukul 10.20 Wib.

Lomba Baca Kitab Kuning di Mapolda Kep. Bangka Belitung ini telah berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (11/8/2017) pukul 08.00 Wib sd Minggu (13/8/2017). Acara langsung dibuka oleh Kapolda,Jumat (11/8/2017) pukul 08.00 Wib dan ditutup juga oleh Kapolda, Minggu (13/8/2017) pukul 10.20 Wib.

Lomba Baca Kitab Kuning ini diikuti oleh 130 (seratus tiga puluh) peserta dengan rincian : Tingkat Tsanawiyah sebanyak 34 peserta, Tingkat Aliyah sebanyak 43 Peserta dan Tingkat Umum sebanyak 53 Peserta.

Sedangkan Dewan Juri dari para ustad/ ulama/ Pengasuh Pondok Pesantren yaitu Ustad Muhammad Kurnia, Ustad Syaikhu; Ustad Jamal; Ustad Ahmad Luthfi; Ustad Ghazali; Ustad Ali Wafa; Ustad Jakfar Sidik dan Ustad Zein.

Dalam lomba baca Kitab Kuning ini, Para Dewan Juri telah menetapkan 3 (tiga) pemenang di setiap tingkatan, yaitu :

A. Tingkat Tsanawiyah Juara I SRI MULYANI asal PP Ainul Muhibbin Bangka Tengah dengan nomor peserta 037 dan nilai 253, Juara II Umi Sa’adah asal PP Bahrul Huda Bangka Tengah dengan nomor peserta 003 dan nilai 238, sedangkan Juara III Agus Setiawan asal PP At-Thoybah Balun Ijuk Kab. Bangka dengan Nomor Peserta 08 dan nilai 230.

B. Tingkat Aliyah Juara I Ahmad Fajar asal PP Hidayatus Salikin Pangkalpinang dengan nomor peserta 020 dan nilai 220, Juara II Ramadiyah asal Pp Al-Islam Kemuja Bangka dengan nomor peserta 005 dan nilai 190, sedangkan Juara III Nurul Fajrin asal PP Bahrul Ulum Kab. Bangka dengan Nomor Peserta 039 dan nilai 188.

C. Tingkat Umum Juara I M. Masykur Abdul Karim (45 tahun) asal Bangka Selatan dengan nomor peserta 007, Juara II Mukhtar Syafi (36 tahun) asal Bangka Selatan dengan nomor peserta 054, sedangkan Juara III Mahfud (36 tahun) asal Kab. Belitung Timur dengan Nomor Peserta 037.

Dalam sambutan penutupan lomba baca kitab kuning ini, Kapolda menyampaikan pesan agar seluruh umat islam Lebih memahami Agama Islam Sesuai Al-Qur’an dan Al-Hadist yang diajarkan Oleh Nabi Muhammad SAW, memghayati kalam ilaahi, mendalami isi dan mengamalkan ajaran Al Qur’an dan Al Hadits dalam kehidupan sehari hari.

Kapolda juga berharap agar kegiatan yang dilakukan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam penguasaan literasi kitab kuning (turats) sehingga tidak ada kekeliruan dalam memahami ilmu agama yang bersumber dari Al Quran dan Hadits. Lalu Kapolda juga menyampaikan dihadapan Gubernur bahwa kegiatan ini dilakukan Polda Babel hanya sebagai permulaan saja untuk membuka jalan bahwa Polda Babel saja mampu menyelenggarakan kegiatan yang dapat menghimpun seluruh santri dari berbagai pesantren dan para ulama/ Kyai serta ustadz dan ustadzah untuk berpartipasi dalam lomba ini, apa lagi Pemda in syaa Allah bila dikoordinasikan dengan baik akan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, Kapolda juga berharap agar nanti pada saat peringatan hari Ibu (22 Desember),Gubernur akan menyelenggarakan kembali lomba seperti ini dengan mengangkat tema besar yaitu ‘IBU’.

Di lain pihak, Gubernur menyambut baik inisiatif Polda Babel yang telah sukses menyelenggarakan lomba baca kitab kuning dan menjadi prestasi tersendiri karena dalam sejarah Indonesia baru Polda Babel yang telah mengadakan lomba baca kitab se-provinsi dari tingkat Tsanawiyah, Aliyah dan Umum (asatidz).

Gubernur berharap kegiatan ini akan diteruskan dalam waktu dan momen tertentu dengan konsep yang lebih baik lagi dan peserta yang lebih banyak lagi.

Usai menutup acara lomba baca kitab kuning, Kapolda Kep. Babel langsung memberikan hadiah kepada Juara I, II dan III pada tingka Tsanawiyah, Tingkat Aliyah dan Tingkat Umum yang berupa Piagam, Trophy dan Tali Asih.

Khusus kepada Juara 1 Tingkat Umum yaitu M. Masykur Abdul Karim (45) asal Bangka Selatan, Kapolda juga telah memberikan hadiah Umroh ke tanah suci Kota Mekkah.

Acara penutupan ini dihadiri oleh Wakapolda, Irwasda, Para Pejabat Utama Polda, Ketua PWNU Babel, Ketua PW Muhammadiyah Babel, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Dewan Juri.(*)

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam/ Veri

Sumber : Humas Polda Babel

Admin Polri48889 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password