HUT Polwan ke 69 dan HKGB ke 65, Polres Tuban Gelar Deteksi Dini Penyakit Kanker

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur, Dalam rangka HUT Polwan ke 69 dan hari Gerak Bhayangkari ke 65, Polres Tuban gelar kegiatan deteksi dini terhadap Kanker Serviks kepada Bhayangkari, Persit Chandra Kirana, Polwan, PNS Polri dan masyarakat umum sebanyak 150 orang, bertempat di Klinik STIKES NU Tuban, Jum’at (11/8/2017). Kegiatan Bhakti sosial ini dilaksanakan bekerja sama dengan STIKES NU Tuban.

Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad menyatakan, tak jarang banyak mengurus orang lain hingga lupa pada diri sendiri dan keluarga, dengan moment ini dapat dimanfaatkan untuk memperhatikan diri, keluarga dan lingkungan kerja.

“Teori manapun menyatakan pencegahan itu lebih efektif dari pada pengobatan apalagi urusan kesehatan, kadang tidak sadari tiba tiba sakitnya sudah stadium lanjut,” lanjutnya.

Ketua cabang Bhayangkari Tuban, Dalla Fadly Samad berpesan, penyebab kematian dari kanker serviks ini cukup besar, ini bisa dicegah dan disembuhkan bila kita mendeteksinya lebih dini tetapi kebanyakan orang datang ke dokter sudah dalam keadaan sakit sampai terjadi benjolan, infeksi dll. Semoga dengan pemeriksaan dini ini dapat membantu kwalitas kesehatan kita semua.

Direktur STIKES NU Tuban Moh Munir M Kes menyatakan, saat ini perkembangan industri di Tuban sangat cepat, ini berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Banyak spa bermunculan, yang dirawat mulai dari rambut, muka, kaki bahkan kuku tetapi orang lupa merawat fullva higene (daerah V), sedangkan ureter (saluran kencing) wanita itu pendek sehingga bakteri mudah masuk pada saat buang air, jadi kanker itu tidak hanya disebabkan oleh kontak genetalia (hubungan badan) saja tetapi faktor external juga dapat mempengaruhi

Penulis   : Andri

 

Editor       : Umi Fadilah

 

Publish   : Andri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password