Timsus Polsek Tanete Riattang Tangkap Komplotan Pencuri Rumah Kosan di Bone

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kasus Pencurian kosan akhirnya terungkap, Dua pelaku ditangkap tim khusus Polsek Tanete Riattang yang dipimpin oleh Aiptu Tahir, satu diantaranya dihadiahi timah panas petugas, Minggu (13/8/17).

Pelaku yang diketahui bernama Andi Jumaedi alias A. Medi (43) warga jalan Andi Pangeran Petarani, Watampone, diringkus di jalan Lapawawoi Kr. Sigeri, Kelurahan Macege, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.

Medi diciduk berdasarkan laporan korban Jamal pada tanggal 29 Mei lalu di Sentra Pelayanan Kepolisian Polsek Tanete Riattang.

Di hadapan Polisi, A. Medi mengaku sengaja menyuruh dua orang temannya yang masih dalam pengejaran Polisi berinisial NW (25) dan CL (25) mencuri di rumah kosan miliknya di jalan Lanti Gd. Pasewang, Watampone.

Usai menggasak barang elektronik di kosan berupa tiga unit televise, kipas angin dan dispenser serta kipas angin berbagai merk keduanya lalu menjual sebagian dari hasil curian tersebut kepada Longgar.

Aparat kemudian bergerak menuju kediaman Longgar dan berhasil diamankan, dari tangannya petugas berpakaian ini menyita barang bukti berupa satu unit TV, satu unit Kulkas, satu unit kipas angin dan satu unit dispenser.

Saat diminta menunjukkan sisa barang bukti hasil curian tersebut, A. Medi justru mencoba mengelabui petugas dan berusaha melarikan diri, diberikan tembakan peringatan namun tidak dihiraukan sehingga dilakukan tindakan tegas dengan tembakan terukur ke arah kaki sebelah kiri sebanyak satu kali, pelaku tersungkur.

“Pelaku terpaksa kami lumpuhkan karena mencoba mengelabui petugas dan berusaha melarikan diri saat diminta menunjukkan barang bukti hasil curiannya, sudah kami berikan tembakan peringatan ke udara tiga kali namun pelaku tetap tidak menghiraukan”, tegas Kapolsek Tanete Riattang Kompol A. Asdar, A.Md.

Medi yang menderita luka tembak lalu dilarikan ke klinik Madising untuk mendapatkan penanganan medis, selanjutnya digiring ke Mapolsek Tanete Riattang untuk menjalani proses hukum.

”Usai mendapat penanganan medis atas luka yang diderita, palaku kemudian dibawa ke kantor untuk menjalani penyidikan lebih lanjut,” tutup Kapolsek.

Banyaknya kejadian mengerikan seputar aksi canggih para maling tersebut membuat kita mesti waspada dan lebih hati-hati dalam menjaga keamanan rumah. Berikut tips terhindar dari kejahatan para maling rumah :

  1. Selalu cek pintu dan jendela saat keluar

Pintu dan jendela merupakan celah utama bagi para maling untuk menerobos masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengunci pintu dan jendela saat keluar rumah atau saat hendak tidur. Jika perlu tambahkan teralis pada jendela Anda.

  1. Gunakan kunci ganda

Demi keamanan rumah Anda, pastikan membuat gembok ganda untuk rumah Anda. Jadi, tidak hanya satu kunci, tapi masih ada gembok atau kunci tambahan (missal, selot/grendel atas dan bawah) yang membuat rumah Anda semakin aman.

  1. Pastikan lampu depan menyala

Apabila rumah Anda sering kosong karena pulang larut malam, pastikan gunakan lampu depan otomatis. Posisi lampu yang menyala dapat membantu mengecoh maling, karena mereka pikir rumah tersebut berpenghuni. Rumah yang gelap menjadi celah yang memudahkan maling masuk.

  1. Pasang CCTV atau kamera

Jika ingin lebih mudah memantau kondisi keamanan rumah, Anda bisa memasang CCTV atau kamera pengintai diarea tertentu yang memudahkan Anda untuk memonitor rumah.

  1. Selalu waspada dengan tamu tak dikenal

Ada sebagian maling yang menyamar sebagai tamu untuk menggambar kondisi rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu waspada terhadap tamu atau orang tak dikenal yang datang ke rumah Anda.

  1. Simpan barang berharga di tempat yang aman

Jika memiliki barang berharga, pastikan menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Jika diperlukan, And abisa menggunakan jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

  1. Catat nomor-nomor penting

Sebagai langkah antisipasi, pastikan Anda mencatat nomor-nomor telepon petugas keamanan terdekat, kantor polisi, tetangga terdekat, pak RT, dan lainnya. Jadi, ketika ada sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

  1. Biasakan bangun di sepertiga malam terakhir

Bangun di sepertiga malam terakhir termasuk salah satu cara untuk menjaga rumah dari incaran maling. Seperti yang kita tahu, sepertiga malam terakhir adalah waktu dimana kebanyakan manusia terlelap dalam mimpinya. Dengan begitu, maling leluasa menyatroni rumah Anda. Tapi jika Anda terjaga pada waktu itu, otomatis rumah Anda akan terhindar dari incaran maling.

  1. Cari harta halal dan jangan lupa sedekah

Upaya diatas tentu saja tidaklah cukup, karena hal yang terpenting adalah dari kita sendiri. Pastikan mencari harta dengan cara yang halal, karena dapat mengundang keberkahan untuk Anda sekeluarga. Selain itu, jangan pernah melupakan jika dalam harta kita terdapat hak orang-orang miskin. Jadi, jangan pernah lupa atau sengaja mengabaikannya, karena Allah akan tentu akan mengambilnya kembali apa yang bukan menjadi hak Anda.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password