Rumor Kenaikan Pajak Kendaraan, Ini Penjelasan Satlantas Polres Sidrap

tribratabews.polri.go.id – Polda Sulsel -Kanit Regident Satlantas Polres Sidrap, IPTU Muhammad Tang menegaskan, tidak ada kenaikan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebagaimana rumor yang berkembang di masyarakat dewasa ini.

“Yang ada, penerapan biaya administrasi pengesahan STNK motor dan mobil yang sebelumnya tidak diberlakukan,” ujar Muh Tang, Selasa (10/01).

Menurut dia, besaran biaya pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang berlaku saat ini adalah Rp25 ribu untuk sepeda motor dan Rp50 ribu untuk mobil.

“Jadi, untuk pajak kendaraan belum ada kenaikan dan masih tetap seperti sebelumnya. Hanya biaya pengesahan yang diberlakukan,” ulang mantan Kanit Regident Polres Mamuju Utara ini.

Disebutkannya, biaya administrasi pengesahan STNK tersebut masuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Begitu juga, katanya, dengan biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak ada kenaikan seperti yang didesas-desuskan banyak orang.

“Cuma ada penambahan golongan SIM saat ini. Sekarang sudah ada istilah SIM D1. Begitu juga dengan SIM C yang dibagi menjadi tiga golongan,” jelas Tang. Dia merinci, untuk SIM D1 yang mulai diberlakukan tahun ini diperuntukkan bagi pengendara dari kalangan visibilitas atau penyandang cacat.
“Sebelumnya hanya SIM D,” terangnya. Sedangkan untuk SIM sepeda motor yang kini dibagi tiga golongan menjadi SIM C, C1, dan C2, peruntukkannya berdasarkan jenis volume selinder sepeda motor.

“Untuk SIM C yang dulu berlaku umum, kini dibatasi untuk motor 249 cc ke bawah. Sedangkan SIM C1, 250 cc sampai 499 cc. Begitu juga dengan SIM C2 yang berlaku bagi motor 500 cc ke atas,” tutupnya

Penulis : (hk)
Editor : (hk)
Publish : Apri

Admin Polri56647 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password