Cegah Kebakaran Lahan di OKI, Karo Ops Polda Sumsel Cek Pembuatan Sekat Kanal

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel. Upaya yang telah dilakukan jajaran Polres OKI dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2017 patut diapresiasi.

Berbagai macam kegiatan yang dilakukan secara massif dan terkoordinir, diharapkan mampu mencegah terulangnya bencana kabut asap seperti tahun 2015 yang lalu.

Melalui kegiatan terpadu dengan TNI, BPBD dan Manggala Agni, jajaran Polres OKI membangun sinergitas dalam mewujudkan wilayah Kabupaten OKI khususnya, sehingga pada tahun 2017 ini dan seterusnya tidak lagi menjadi penyumbang asap akibat dari keterlambatan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.IMG_20170813_052505IMG_20170813_065624

Karo Ops Polda Sumsel KBP Drs. Edi Setio Budi Santoso, yang didampingi oleh Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH,MH serta Kabag Ops Kompol God P Sinaga S.Ik, Sabtu (12/08) melakukan pengecekan kegiatan terpadu yang telah dilakukan, diantaranya pembuatan sekat kanal dan pemasangan spanduk spanduk larangan membakar hutan dan lahan yang berada di wilayah Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten OKI.

Dalam kunjungannya, Bapak Karo Ops menyaksikan beberapa sekat kanal yang telah dibangun oleh Kapolsek Kayuagung AKP Feryanto SH bersama team terpadunya, dimana melalui kunjungan beliau ke Polres OKI ini untuk memastikan bahwa apa yang menjadi penekanan dan petunjuk dalam tata cara membuat sekat kanal memang sesuai dengan apa yang telah diarahkan.

Saat diwawancarai terkait beberapa sekat kanal yang telah selesai dibangun ini, Bapak Karo Ops menyampaikan bahwa hasilnya sudah bagus, untuk prosedur pembuatannya telah sesuai seperti yang telah dilatihkan, sehingga apa yang diharapkan dari pembangunan sekat kanal ini, untuk menahan air agar pada musim kemarau tidak terjadi kekeringan, yang kemudian mengakibatkan lahan gambut tetap basah sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH, MH menambahkan, bahwa pembuatan sekat kanal ini bukanlah satu satunya cara dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yang terpenting adalah membangun kesadaran masyarakat agar saat melakukan aktifitas di lahan perkebunannya, tidak melakukan pembakaran dengan tujuan apa pun.

“Membangun kesadaran masyarakat sangatlah penting, untuk itulah kita bersama sama team terpadu yang telah dibentuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti :
– Patroli darat terpadu,
– Penyuluhan,
– Menyebarkan Maklumat larangan membakar lahan,
– Memasang spanduk larangan,
– Membentuk Forum Masyarakat peduli api, dan membentuk masyarakat Kabupaten OKI peduli karhutla”. Ujar AKBP Ade.

Penulis   : Ilham (WAP 45) Polres OKI

Editor     : Umi Fadilah

Publish  : Ilham (WAP 45)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password