Pemeriksaan Sarana Distribusi Pangan di Kecamatan Jongkong, Tim Gabungan Temukan Makanan Kadaluarsa.

 

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pada hari Jum’at (11/8/2017) pukul 08.00 s/d 11.00 wib, Tim Gabungan dari Kepolisian Sektor Jongkong, Sat Pol PP Kecamatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu dan Puskesmas Jongkong menggelar Pemeriksaan Sarana Distribusi Pangan di Toko-toko yang menjual bahan Obat dan makanan di Desa Jongkong Pasar, Kecamatan Jongkong.

Kapolsek Jongkong Ipda Dony mengatakan “Pemeriksaan Sarana Distribusi Pangan yang dilaksanakan bersama tim gabungan ini, ada ditemukan beberapa toko yang memajang/menjual puluhan bahan makanan yang sudah kadaluarsa dan Kemasan Rusak (mie instan, makanan ringan, susu, pewarna kue) serta barang berbahaya yg didalamnya terdapat kandungan seperti Borak, TPZ dan Pijar. Kami menghimbau dan memberikan peringatan keras Kepada pemilik toko agar tidak lagi memajang serta menjual makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa ataupun kemasannya rusak. Dalam kegiatan ini kami tidak menyita barang yang sudah kadaluarsa dan rusak tersebut tetapi meminta kepada pemilik toko untuk memisahkan dan memusnakannya dan jika pada Pemeriksaan Sarana Distribusi Pangan selanjutnya masih ditemukan hal serupa akan kami sita serta akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan untuk kenyamanan serta perlindungan kepada masyarakat sebagai konsumen” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Kabupaten Kapuas Hulu M. Nazarudin mengatakan “bahwa dalam kegiatan ini pihaknya tidak hanya memeriksa sarana distribusi pangan tetapi juga mendata dan memberikan surat pernyataan kepada pemilik toko untuk tidak menjual bahan makanan dan minuman yang telah kadaluarsa/kemasannya sudah rusak. Selain itu juga kami memberikan pembinaan kepada pemilik toko agar tidak menjual Obat-obatan seperti Antibiotok yang seharusnya obat tersebut menggunakan resep Dokter dan untuk barang berbahaya yg didalamnya terdapat kadungan seperti Borak, TPZ dan Pijar akan kami sita untuk dilakukan penelitian. Dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada para pemilik toko untuk secara rutin memeriksa sendiri kualitas bahan makanan yang terpajang agar tidak menjualnya lagi jika sudah rusak atau kadaluarsa karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia” jelasnya.

Penulis : Yulius.R
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password