Ratusan Polisi Kawal Demo Damai Warga Minahasa Utara di BPJN Suwaan

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Unjuk rasa damai dilakukan oleh Organisasi Kemasyarakatan yang menamakan dirinya Barisan Garuda Indonesia (Badai) bergabung bersama Laskar Manguni Indonesia dan masyarakat adat serta pemilik lahan, Sabtu (11/8/2017).

Demo dilakukan sehubungan dengan kegiatan Pemerintah (Balai Pembangunan Jalan Nasional) dalam pembangunan jalan tol Manado di Bitung dan pelebaran jalan nasional Kema Rumbia.

Unjuk rasa ini mendapat pengamanan dari personil Kepolisian Resor Minahasa Utara, yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Farly Astevanus Rewur, dengan melibatkan 119 personil polres.

Demo dipimpin koordinator lapangan Harry Wawoh bertempat di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV, di Desa Suwaan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minut, dengan perkiraan massa sebanyak 100 orang.

Massa menuntut pembayaran lahan milik masyarakat Kema yang di ambil untuk pelebaran jalan nasional. Massa juga mengaku dengan adanya proyek tersebut, terjadi perubahan dan penelantaran situs-situs milik dari adat budaya Minahasa tanpa kompensasi dari pihak kontraktor dan BPJN.

“Hingga pukul 13.30 Wita, unjuk rasa damai warga berjalan dengan tertib dan lancar, situasi tetap aman dan terkendali,” terang Kabag Ops Polres Minut

Penulis: Humas Polres Minut
Editor: Umi Fadilah
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password