Waka Polresta Surakarta Pimpin Langsung Pengamanan Unjuk Rasa Damai Tolak Perpu No.2 Tahun 2017 di DPRD Solo

d9062ba6-e557-4383-a68e-a00752a8ff0e

Tribratanews.polri.go.id.Polda Jateng.Polresta Surakarta – Aksi Unjuk rasa damai dengan tema Tolak Perppu Ormas digelar oleh Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Soloraya (APMS), Jumat (11/08). Aksi ini dilaksanakan di komplek Gedung DPRD Kota Surakarta Jalan Adi Sucipto Surakarta mulai pukul 13.25 – 14.45 WIB dengan penanggungjawab kegiatan Sigit Yudhistira (Kordinator Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Soloraya) dan diikuti sekitar 200 orang.

Aksi ini sempat dihimbau untuk bubar oleh Kabagops Polresta Surakarta Kompol Arif  Djoko, SP, karena tidak sesuai dengan STTP yang diajukan kepada Polresta Surakarta. Dalam STTP, disebutkan bahwa peserta aksi hanya Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Soloraya (APMS) saja, tetapi kenyataannya yang hadir ada rombongan dari berbagai wilayah seperti Blora, Pati dan lain-lain.

“Saya meminta kepada rekan-rekan yang dari luar Solo untuk pulang ke wilayah masing-masing dengan tertib dan ajukan ulang perijinan sesuai ketentuan yang berlaku kalau rekan-rekan ingin melangsungkan aksi ini dan tentunya nanti akan kami sambut dengan tertib”, tegas Kabag Ops.

Atas himbauan ini, para peserta aksi dari luar Solo secara sukarela meninggalkan lokasi unjuk rasa dan aksi dilanjutkan kembali. Aksi dibagi menjadi dua kegiatan yaitu orasi di halaman DPRD dan audiensi di Ruang Transit DPRD Kota Surakarta.

Orasi dilakukan oleh beberapa tokoh APMS sambil massa membentangkan spanduk dan poster bertuliskan :

  • Perppu Ormas Alat Rezim Represif Bungkam Umat Islam,
  • Tolak Perppu Ormas Tolak Kembalinya Rezim Diktaktor,
  • Perppu Ormas Bukti Rezim Diktaktor,
  • Perppu Ormas Krimanilisasi Ajaran Islam,
  • Pemuda Mahasiswa Solo Raya Bersatu Menolak Perppu Ormas,
  • Alumni 212 Solo Raya Menolak Keras Terbitnya Perppu Ormas Produk Rezim Diktaktor.

346932bf-860e-404f-8750-11e992a44f35

Sementara itu di Ruang Transit DPRD, perwakilan massa Aksi sebanyak 5 orang ditemui oleh anggota DPRD Kota Surakarta untuk beraudiensi. Mereka diterima oleh Drs. Ahmad Safari, MM (Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Surakarta Fraksi PAN), Abdullah A.A (Anggota Komisi I DPRD Kota Surakarta), Drs. Taufiqurahman (Anggota Komisi II DPRD Kota Surakarta), Ardianto, SH (Anggota Komisi IV DPRD Kota Surakarta) dan Suharsono, SH, MH (Anggota Komisi III DPRD Kota Surakarta).

Secara bergantian perwakilan dari APMS menyampaikan aspirasi mereka yang intinya menolak dengan berbagai alasan mengenai diberlakukannya Perppu No. 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Menanggapi hal ini, Drs. Ahmad Safari, MM (Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Surakarta Fraksi PAN) menyampaikan, “Bahwa pada intinya kami sudah memahami aspirasi rekan-rekan semua, kita akan mengambil langkah kedepan untuk kita sampaikan kepada Ketua Komisi I”.

Sementara itu Abdullah A.A (Anggota Komisi I DPRD Kota Surakarta) menyampaikan, “Secara rasional permintaan Panjenengan (anda-red)✌ untuk meminta DPRD Kota Surakarta agar menolak Perppu No. 2 tentang Ormas itu tidak mungkin, karena DPRD itu adalah unsur pelaksana dari DPR RI”.

Suharsono, SH, MH (Anggota Komisi III DPRD Kota Surakarta) menambahkan, “Perlu diketahui bersama bahwa Perppu No. 2 tentang Ormas tersebut langsung dari Presiden RI, dan sebenarnya kami hanya selaku penerima Perppu tersebut. Yang jelas kami akan menunggu informasi dari MK dan DPR RI, karena proses Perppu tersebut sudah sampai di MK dan DPR RI. Perppu tersebut akan dirapatkan di DPR RI untuk dikaji ulang. Jika DPR RI menolak maka Perppu tersebut tidak akan sah dan akan kembali pada UU Ormas yang dulu. Pada intinya kami semua menunggu proses yang selama ini masih berjalan terkait Perppu No. 2 tentang Ormas”. Setelah acara Audiensi, dilanjutkan penyerahan Pernyataan Sikap APMS kepada perwakilan DPRD Kota Surakarta.

Pengamanan Aksi Damai dan Audiensi ini dilakukan oleh gabungan Polresta Surakarta dan Polsek Laweyan di bawah kendali langsung Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai, SIK, MH, dan Komado lapangan Kabag Ops Polresta Surakarta Kompol Arif Joko, SP,di damping  Kasat Intelkam Kompol Bowo Haryanto, SH, Kasat Lantas Kompol Imam Syafii, SIK, MH, dan Kapolsek Laweyan Kompol Santoso SE, MH. Selama kegiatan berlangsung lancar dan aman.

Penulis   : Heri Laweyan

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password