Polsek Laksanakan Sosialisasikan Kepada Kaum Hawa

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pada hari Kamis, (10/8/2017) Kapolsek Hulu Gurung IPDA ALIN DAYA bersama Kanit Binmas AIPTU H. KUSNOMO melaksanakan Sosialisasi Narkotika dipendopo kediaman rumah dinas Camat Hulu Gurung. Nampak peserta dalam kegiatan Sosialisasi Narkoba tersebut adalah Ibu-Ibu PKK, Ibu-Ibu Kades dan Perangkat Desa se-Kecamatan Hulu Gurung yang berjumlah sebanyak 53 orang.

Dalam kegiatan Sosialisasi tersebut Kapolsek Hulu Gurung IPDA ALIN DAYA menjelaskan UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan arti dari Narkotika tersebut adalah Zat atau Obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan pada pengguna, ujarnya.

Kapolsek Hulu Gurung IPDA ALIN DAYA menjelaskan tentang Pasal 11 yaitu Mentri Memberi ijin khusus memproduksi Narkotika kepada industri Farmasi tertentu yang telah memiliki ijin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah dilakukan audit oleh badan pengawas obat dan makanan.

Kanit Binmas AIPTU H. KUSNOMO menjelaskan tentang jenis-jenis Narkotika antara lain Morfin, Heroin/Putau, Ganja/Kanabis/Mariyuana, Kokain, Extasi/Inex dan Shabu – Shabu.

Untuk Narkotika Gol I bagi diri sendiri pidana penjara paling lama 4 tahun, Narkotika Gol II bagi diri sendiri dipidana penjara paling lama 2 tahun, Narkotika Gol III bagi diri sendiri dipidana penjara paling lama 1 tahun sedangkan untuk Bandar Narkotika Hukuman Pidana paling singkat 4 tahun, maksimal hukuman mati terang Kanit Binmas.

Dalam Sosialisasi tersebut para Ibu-Ibu PKK dan lainnya sangat antusias dan keinginan pengetahuan dan akan lebih waspada dengan Narkotika dan sejenisnya agar para anak-anak mereka tidak terjebak baik pemakai/pengguna maupun sebagai pengedar Narkotika agar masa depan mereka lebih cerdas, pintar dan baik.

Penulis : Iskandar
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password