Itwasum Polri Akhiri Pemeriksaan dengan Taklimat Akhir di Polda Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Tim Itwasum Polri melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) di Polda Bali selama delapan hari yaitu mulai dari tanggal 2 sampai dengan 10 Agustus 2017. Di akhir rangkaian kegiatan Wasrik ini, Tim Itwasum Polri melaksanakan Taklimat Akhir yang dihadiri oleh Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Dwi Priyanto, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, Irwil IV Itwasum Polri Brigjen Pol. Drs. J. M. Simatupang, S.H. dan Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si., bertempat di Gedung Rupatama Jagratara Polda Bali, Jumat (11/8).

Komjen Pol. Drs. Dwi Priyanto meminta kepada personel Polda Bali untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar tercipta situasi kamtibmas yang kondusif. Peningkatan kualitas pelayanan publik dan harkamtibmas dilakukan dengan cara menerapkan standar pelayanan publik sesuai Permenpan Nomor 15 Tahun 2014 yaitu mudah diakses, lebih cepat dan bebas calo. “Lakukan pembinaan kemampuan dan mentalitas serta integritas secara kontinyu terhadap personel Polri dan PNS sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan secara maksimal,” ucapnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengingatkan para Kasatker untuk melakukan monitoring secara rutin terhadap progress capaian kinerja. Tidak hanya itu, seluruh Satker Polda Bali agar melakukan penilaian resiko dalam rangka mengelola anggaran untuk mencapai tujuan secara efektif, efisien dan ekonomis tanpa mengabaikan ketentuan yang berlaku.

“Manfaatkan hasil Wasrik, baik hasil Wasrik Itwasum Polri maupun BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) untuk kepentingan kebaikan Satker. Para KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) agar berpegang pada prinsip kejujuran, obyektifitas dan transparansi dalam penggunaan anggaran serta hindari potensi terjadinya KKN,” imbuhnya.

Sementara Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan bahwa temuan-temuan Wasrik Itwasum Polri TA. 2017 tahap pengendalian dan pengendalian para Satker atau Satwil jajaran Polda Bali, secara umum kinerja Polda Bali telah dinilai baik, bahkan terdapat hal-hal yang dinilai posotif. Namun demikian, Polda Bali masih memiliki kelemahan-kelemahan atau kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan tugas yang perlu ditindak lanjuti dan diperbaiki.

“Para Kasatker yang telah menjadi obyek pemeriksaan, pada kesempatan pertama menindak lanjuti dengan melaksanakan perbaikan – perbaikan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh tim terkait temuan-temuan yang ada,” tegasnya.

Kapolda Bali berharap melalui rekomendasi dari tim Wasrik Itwasum Polri ini, dapat menjadikan Polda Bali semakin lebih baik, semakin tertib, patuh hukum dan terhindar dari penyimpangan – penyimpangan yang mengakibatkan kerugian negara. Selain itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan motivasi oleh jajaran Polda Bali untuk menjalankan tugas kedepannya yang lebih profesional, modern dan terpercaya.

Dihadapan 125 personel, Kapolda Bali dan Irwil IV Itwasum Polri menandatangani Pernyataan Hasil Pemeriksaan (PHP) dilanjutkan dengan penyerahan PHP dan tabulasi temuan Wasrik dari Irwil IV Itwasum Polri kepada Kapolda Bali.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password