Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kalangan Pelajar, Sat Lantas Polres Indragiri Hilir Edukasi Pelajar SMPN 1 Tempuling

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri Hilir

Untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman pentingnya mematuhi tata tertib dan etika berlalu lintas di kalangan pelajar, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Indragiri Hilir telah melaksanakan Sosialisasi Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009, kepada Pelajar dan Majelis Guru SMPN 1 Tempuling, Jumat, 11/82017. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala SMPN 1 Tempuling H.M. Yuhar, S.Sos, M.Si, dan Majelis Guru dan Staf Tata Usaha SMPN Tempuling serta pelajar SMPN 1 Tempuling ini, tampak hadir Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Indragiri Hilir IPDA Yurnalis dan Kanit Patroli Sat Lantas Polres Indragiri Hilir IPDA Ismail serta Kapolsek Tempuling AKP Suwernedi dan Kanit Binmas Polsek Tempuling IPDA Gunawan. Tampil sebagai pemberi materi adalah Kasat Lantas Polres Indragiri Hilir AKP Jusli, SH.

Acara yang diawali dengan sambutan Kepala SMPN 1 Tempuling, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Tim dari Sat Lantas Polres Indragiri Hilir, yang telah bersedia datang dan memberi pemahaman kepada pelajar dan majelis guru tentang aturan dan tata tertib berlalu lintas. Diharapkan para pelajar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik dan kalau ada yang tidak dimengerti, bisa langsung bertanya kepada narasumber.

20170811104408_IMG_8752Dengan gaya khasnya, Kasat Lantas Polres Indragiri Hilir mengatakan bahwa sosialisasi ini, adalah sebagai salah satu cara menuju tertib berlalu lintas di Kabupaten Indragiri Hilir. Selain itu, juga untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya tata tertib berlalu lintas, terutama di kalangan pelajar.

Lebih lanjut, Kasat mengatakan bahwa di Indonesia, ratusan orang meninggal dunia sia – sia di jalan – jalan  setiap hari,  karena kecelakaan lalu lintas, melebihi dari korban peperangan. Di Inhil sendiri, dari Bulan Januari sampai Bulan Agustus, telah terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 29 kejadian dan mengakibatkan 21 orang meninggal dunia. Beberapa diantara kecelakaan itu, melibatkan pelajar dan pengendara di bawah umur. Kecelakaan lalu lintas yang paling sering terjadi adalah di Kemuning sebanyak 11 kasus, Kempas 7 kasus dan di Tempuling sendiri, terjadi 5 kasus. Untuk itu, Kasat mengajak para pelajar, untuk selalu mematuhi tata tertib dan aturan berlalu lintas, serta selalu menggunakan helm, saat berkendaraan, untuk menghindari terjadinya fatalitas, bila kecelakaan lalu lintas terjadi.

20170811104857_IMG_8756Di penghujung kegiatan, Kasat mengajukan berbagai pertanyaan, yang berkaitan dengan lalu lintas. Para pelajar yang antusias, beramai – ramai mengangkat tangan, untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, dan ketika ditunjuk, dengan tangkas menjawab pertanyaan tersebut. Kepada mereka, Kasat memberi bingkisan dan Pin Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Dari kegiatan sosialisasi Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kasat berharap proses edukasi akan memberi dampak yang cukup signifikan, di kalangan pelajar, dan dari mereka, mampu mengedukasi di lingkungan keluarga sendiri.

Penulis  : Heriman Putra

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password