Sambut HUT RI ke-72, Bhabinkamtibmas Pasang Spanduk Depan Kantor Desa, ini isi Pesan Spanduknya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bhabinkamtibmas Desa Tabo-Tabo, Kec. Bungoro, Kabupaten  Pangkep Bripka Reski Faisal mempunyai cara tersendiri menggelorakan jiwa Patrotisme warga desa binaannya, yaitu memasang spanduk ucapan HUT Kemerdekaan RI yang Ke 72 Tahun 2017, yang dipasang tepat di depan Kantor Desa Tabo-Tabo, Kamis (10/08/17).

Spanduk tersebut berisi pesan, “Jayalah Negeriku, I Love Indonesia, Ayo Kerja Bersama, Sekali Merdeka Tetap Merdeka,” menurut Bripka Reski Faisal, pesan itu bertujuan mengajak warga untuk berjiwa patriotisme agar  tercipta Situasi kamtibmas yang aman, selain itu pemasangan spanduk didepan Kantor Desa, juga mengandung pesan terjalinnya dengan baik sinergitas Polri, TNI  dengan Aparat Pemerintahan sampai di tingkat Desa.

Selain itu, Bripka Reski Faisal, Bhabinkamtibmas Desa Tabo-Tabo  juga rutin melaksanakan Program Door to Door System atau yang lebih dikenal dengan DDS. Program unggulan Bhabinkamtibmas ini merupakan tugas pokok yang perlu disikapi dan dilaksanakan dengan baik, karena setiap Bhabinkamtibmas akan lebih mengetahui kondisi para warga binaanya dengan DDS.

Seperti yang dilakukan Bripka Reski Faisal di Kp. Salomettie  Desa Tabo tabo  Kec. Bungoro Kab. Pangkep, Kamis, (10/08/17), dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah, Bripka Reski Faisal  memberikan himbauan kepada warganya agar dalam berkendaraan senantiasa  membawa SIM dan STNK dan memakai helm standar serta  tidak menggunakan knalpot racing guna keselamatan di jalan, disamping itu, Bripka Reski juga menyampaikan bahhwa masyarakat dilarang main hakim sendiri bila di wilayahnya terjadi tindak pidana kejahatan yang pelaku tertangkap tangan.

Dikutip dari bhabinkamtibmas.com berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari Tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Sedangkan menurut Pasal 1 angka 4 Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas di desa/kelurahan.

Fungsi Bhabinkamtibmas (Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015)

Bhabinkamtibmas memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk : mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan
  2. Membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM)
  3. Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas)
  4. Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat
  5. Memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan
  6. Menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif
  7. Mengkoordinasikan upaya pembinaan Kamtibmas dengan perangkat desa/kelurahan dan pihak-pihak terkait lainnya
  8. Melaksanakan konsultasi , mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial

Tugas Pokok Bhabinkamtibmas (Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015)

Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat , deteksidini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya tersebut, Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan sebagai berikut :

  1. Kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya
  2. Melakukan dan membantu pemecahan masalah
  3. Melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat
  4. Menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana
  5. Memberikan perlindungan sementara kepada orang yang tersesat, korban kejahatan dan pelanggaran
  6. Ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit
  7. Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan Pelayanan Polri

Penulis : Rosdiana

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password