Pelepasan Mahasiswa Unlam untuk Pengabdian di Paminggir Amuntai

Tribratanews.polri.go.id, Polres HSU – Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Satuan Binmas Polres Hsu Iptu Ady Suwarno mewakili Kapolres Hsu menghadiri undangan pelepasan pengabdian masyarakat desa Sapala kec paminggir Kab Hsu oleh mahasiswa Unlam Banjarmasin bertempat di Aula Rektorat Unlam Banjarmasin, Kamis 10-08-2017 pukul 10.00 wita.

Hadir dalam kegiata tersebut Gubernur Kalsel, Rektor Unlam, Kapolsek Banjarmasin Utara, perwakilan dari para donator.

Desa Sapala berada di kecamatan Paminggir Kab. Hsu merupakan salah satu desa yang memiliki penduduk terpadat di Kecamatan Paminggir, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Desa yang harus ditempuh dengan waktu kurang lebih delapan jam dari Banjarmasin ini disinyalir menjadi desa yang tertinggal, hingga akhirnya menggerakan hati para mahasiswa, anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Advokasi dan Aksi Mahasiswa (UKM LA2M) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin membuat sebuah kegiatan bina desa di Desa Sapala. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu jalannya perkembangan desa Sapala agar menjadi desa yang lebih maju.

Kegiatan yang telah berjalan selama kurang lebih 4 tahun ini telah menjadi bagian penting dari UKM LA2M. Kegiatan bina desa ini dilakukan 10 hari pada setiap tahun dan di tahun ke empat yang jatuh di tahun ini akan menjadi tahun penutup untuk kegiatan bina desa di desa Sapala ini.

Desa Sapala merupakan desa kedua yang telah dibina oleh UKM LA2M. Sebelumnya UKM ini sudah membina desa Rantau Bujur yang terletak di Kabupaten Banjar.

IMG-20170810-WA0015

Kbo Sat Binmas Iptu Ady Suwarno menuturkan ” Rekan-rekan Mahasiswa Unlam melakukan pembinaan desa dengan berbagai macam aspek, yaitu aspek pendidikan, aspek ekonomi, aspek budaya, juga sarana prasarana

Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini memiliki tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan. Biasanya ditahun pertama itu pembukaan, tahun kedua dan ketiga itu pembenahan dan tahun keempat itu penutupan.

kesulitan biasanya terjadi di tahun-tahun pertama pembangunan desa, karena mereka harus mendalami segala sesuatu yang ada di desa tersebut, bagaimana bersosialisasi dengan warga desa dan yang paling penting untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat desa itu sendiri.

“Untuk itu kami dari Polres Hsu siap membantu kegiatan tersebut kerja sama dengan Polsek Danau Panggang dan Satuan Polisi Perairan Paminggir, serta para Bhabinkamtibmas yang ada disana, terutama dalam hal kamtibmas,” tutur Iptu Ady Suwarno KBO Satuan Binmas Polres HSU.

Penulis : Alam Saktiswara

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password