Kapolda Bali Hadiri acara penyerahan Senjata Api oleh Panglima TNI Kepada Gubernur Bali, NTB, NTT

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus R. Golose, menghadiri penyerahan senjata api dari Panglima TNI yang diwakili oleh Pangdam IX/Udayana kepada Gubernur Bali, Gubernur NTB dan Gubernur NTT, bertempat di Ruang Sthanayudha Makodam IX/Udayana, 10/8.

Penyerahan senjata api jenis pistol ini merupakan perintah Panglima TNI, yang penyerahannya dilakukan oleh para pangdam kepada para Gubernur se-Indonesia, penyerahan senjata api ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan dari Panglima TNI setelah para Gubernur mengikuti rangkaian kegiatan pembekalan, latihan dan pembaretan saat latihan PPRC TNI tahun 2017 di Natuna, tujuan diserahkannya senjata api ini adalah untuk menjaga keamanan dan melindungi diri para Gubernur selaku pimpinan atau panglima tertinggi di daerah dari segala bentuk gangguan yang mengancam jiwa dan raga para Gubernur saat bertugas.

Kepemilikan senjata api untuk tujuan menjaga keamanan dan melindungi diri ini hanya diberikan kepada pejabat tertentu, sesuai dengan Perpu Nomor 20 tahun 1960 tentang kewenangan perijinan yang diberikan menurut perundang-undangan mengenai senjata api, mereka yang berhak memiliki senjata api harus dipilih secara efektip dan selektif. ada empat golongan dimana seseorang berhak memperoleh izin kepemilikan senpi api yaitu TNI/Polri, anggota Perbakin, Masyarakat yang lulus tes kepemilikan senjata api di Polda dan disetujui oleh Mabes Polri, serta pejabat pemerintah, swasta dan perbankan yang salah satunya adalah Gubernur. serangkaian kegiatan penyerahan senjata api diakhiri dengan sesi foto bersama.

Penulis : Agra

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password