Waspada..!! Peredaran Narkoba Sudah Merambah Ke Desa

Tribratanews.polri.go.id, Boyolali – Maraknya peredaran Narkoba di Indonesia khususnya untuk wilayah Jawa Tengah yang berkaitan dengan situasi Indonesia darurat Narkoba, dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng, memberikan pembinaan dan arahan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Boyolali bertempat di Umbul Tlatar Boyolali pagi ini. Kamis(10/8).

Sebagai narasumber yaitu, AKBP Sunarto selaku Kabag Bin Opsnal Dit Res Narkoba dan Kompol Imron selaku Kasubbag Bin Opsnal Dit Res Narkoba Polda Jateng, dihadiri pula Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi bersama pejabat utama Polres Boyolali, dalam acara tersebut diharapkan para Bhabinkamtibmas agar nantinya setelah mendapat pembinaan agar bisa disebarkan ke masyarakat binaannya maupun ke sekolah sekolah, supaya para Bhabin mempunyai pedoman dan gambaran tentang bahaya Narkoba.

Kompol Imron mengatakan dari fakta yang didapat di lapangan bahwa Narkoba banyak menghasilkan uang bagi para pengedarnya, banyak masyarakat tergiur dengan hasil tersebut untuk terjun ke peredaran Narkoba, jaringan Narkoba juga sekarang sudah merambah ke Desa desa bukan cuma di kota saja, bahkan siswa sekolah pun sudah menjadi sasaran peredaran Narkoba.

Dan juga karena mudahnya masuknya Narkoba dari luar negeri melalui jalur laut dan sungai-sungai terpencil yang tidak terdekteksi oleh petugas, serta masih rendahnya niat para pecandu untuk pulih dari pengaruh Narkoba,

“Tingginya angka coba pakai dan teratur pakai, seperti contoh iming iming mencoba Narkoba secara gratis dari para pengedar, setelah kecanduan diharuskan membeli dengan harga yang mahal, itu salah satu cara yang digunakan oleh para pengedar untuk mendapatkan target baru, ” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan dari fakta lain adalah maraknya peredaran Narkoba di Lapas, bandar dapat beroperasi di dalam Lapas dengan mudah menggunakan handphone, banyak penghuni Lapas yang positif menggunakan Narkoba, itu banyak terjadi di Lapas wilayah Jawa Tengah.

Sementara itu, Kapolres juga menambahkan peran Bhabinkamtibmas di wilayah desa binaanya agar ditingkatkan untuk terciptanya keamanan diwilayah Boyolali khususnya, dan memonitor tentang adanya kegiatan galian C di daerahnya agar segera ditindaklanjuti. “Saya harapkan babin agar membantu tugas opsnal seperti Reserse dan Intelkam tentang informasi yang ada di wilayah desa binaannya, karena Bhabinkamtibmas adalah sebagai ujung tombak di tugas Kepolisian, “terangnya.

Selain itu diharapkan peran Bhabin di masyarakat dengan memfasilitasi warga binaanya yang ingin laporan ke Polisi yang wilayahnya terlalu jauh, agar para Bhabin bisa membantu warganya tersebut.

“Saya selaku Kapolres Boyolali akan memberikan penghargaan atau reward kepada para anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Boyolali yang berprestasi, salah satunya dalam menjaga situasi keamanan di desa binaanya, “tandasnya.

Penulis : Sriyanto

Editor    : Umi Fadilla

Publish : Sriyanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password