Makin Kompak, Dandim Sinjai Ikut Apel di Polres Sinjai

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Polres Sinjai menggelar apel bersama dihalaman Mapolres Sinjai yang dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 1424 Sinjai Letkol CZI Gunawan Susianto, MTR (Han) didampingi Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah dalam rangka penguatan soliditas dan sinergitas Polres Sinjai dengan Kodim 1424 Sinjai, Kamis (10/08/17) pukul 08.00 wita.

Peserta apel terdiri dari para perwira baik dari Polres Sinjai maupun Kodim 1424 Sinjai beserta seluruh personil polres sinjai.

Komandan Kodim 1424 sinjai Letkol CZI Gunawan Susianto, MTR (Han) dalam arahannya menyampaikan bahwa kekompakkan serta kebersamaan TNI dengan Polri sudah terjalin dengan baik dan tidak diragukan lagi, bahkan untuk memelihara sinergitas tersebut tetap kokoh, maka kami mengapresiasi inisiatif bapak Kapolres Sinjai dengan melaksanakan kegiatan seperti ini dan kedepan kita akan tingkatkan.

“Dengan kekompakan dan kebersamaan kita selama ini harus dijaga dengan baik jangan sampai ada yang berusaha memecah belah kita, kita harus bersama-sama dalam mewujudkan keamanan, oleh karena itu babinsa, dan bhabinkamtibmas harus sama-sama dilapangan saling merespon satu sama lain dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Lanjut Dandim 1424 sinjai menyampaikan terkait dengan agenda kedepan yaitu tahun 2018 akan dilaksanakan pilkada, oleh karena itu mari kita sama-sama mengantisipasi sedini mungkin konflik yang kemungkinan akan terjadi dengan harapan Pilkada dapat berjalan aman dan terkendali.

Dan selanjutnya Dandim 1424 sinjai menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan perayaan hari raya Idul Adha atau Idul kurban oleh karena itu hal tersebut perlu antisipasi dengan harapan perayaan berjalan aman dan terkendali.

Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah menuturkan bahwa kekompakkan antara TNI-Polri khususnya dikabupaten sinjai memang sudah terjalin dengan baik terutama dengan melihat situasi wilayah kita yang sudah terkenal aman dan tentram dengan masyarakat yang ramah, namun soliditas serta sinergitas ini harus tetap dipelihara agar tetap kokoh dalam menjaga keamanan.

“Ini sebagai komitmen bersama untuk menunjukkan bahwa TNI-Polri hadir untuk menjaga serta memelihara keamanan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga diharapkan melalui kebersamaan ini mulai dari pucuk pimpinan tertinggi sampai prajurit baik TNI maupun Polri jangan sampai mudah terpecah belah,” ucap Ardiansyah.

Implementasi sinergitas TNI dan Polri merupakan amanah dari undang-undang untuk menyelenggarakan usaha pertahanan dan keamanan Negara.Beberapa permasalahan sering kali terjadi di lapangan dalam sinergitas antara TNI dan Polri.Bahkan dapat mempengaruhi profesionalisme dalam memantapkan stabilitas keamanan nasional.Dalam perspektif tujuan nasional, keberhasilan penyelenggaraan pembangunan nasional sangat lekat hubungannya dengan stabilitas keamanan nasional.Sedangkan inti dari stabilitas keamanan nasional adalah profesionalisme TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas pertahanan negara dan keamanan negara.

Dalam hal ini, sinergitas berupa kesatuan persepsi, keterpaduan, sinkronisasi dan harmonisasi dalam pembangunan ker-jasama antar institusi TNI dan Polri untuk meningkatkan profesionalisme, merupakan dasar mantapnya stabilitas keamanan nasional.

Peningkatan profesionalisme melalui implementasi sinergitas TNI dan Polri untuk memantapkan stabilitas keamanan nasional akan memberikan konstri-busi dalam keterpaduan pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan perannya, terutama dalam penyelenggaraan operasional di satuan bawah secara detil.

Perlunya meningkatkan silaturahmi bersama antara TNI dan Polri sebagai upaya di dalam mewujudkan sinergitas agar terjalin komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dengan tetap mengedepankan etika dan budaya, sehingga suasana kekeluargaan sebagai aparatur negara di wilayah bisa terjaga dengan baik.

Penulis : Qadri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password