Polres Paser gelar Latihan Dasar Penanganan Karhutla

tribratanews.polri.go.id POLDA KALTIM  –  Memasuki musim kemarau, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi perhatian Polres Paser. Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan penanganan jika terjadi karhutla di Kabupaten Paser, Manggala Agni Paser bersama Kodim 0904/TNG, Polres Paser, dan BPBD menggelar latihan dasar untuk penanganan karhutla.

Kegiatan yang dipusatkan di markas Manggala Agni, Km 12, Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot, itu dibuka oleh Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar. Dudy mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan dalam tahapan proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Polri beserta instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, sebelum diterjunkan ke lapangan untuk menghadapi kejadian kebakaran hutan dan lahan yang sebenarnya di Kabupaten Paser.

“Melalui pelatihan bersama ini, diharapkan rencana yang telah dipersiapkan dengan matang dapat diimplementasikan secara baik dan semakin memperkuat sinergitas kerja sama seluruh stakeholder, sehingga kesuksesan penyelenggaraan operasi penyelamatan dan bantuan apabila terjadi bencana karhutla di daerah kita (Paser),” ujar Dudy, Rabu (9/8)

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan bencana kebakaran hutan dan lahan dapat menimbulkan kerugian dan kerusakan lingkungan, ekonomi, dan sosial yang sangat besar. Selain menimbulkan kerugian harta benda, kebakaran hutan dan lahan juga memberikan dampak negatif terhadap ekosistem, keanekaragaman hayati, dan secara umum menurunkan kualitas lingkungan.

Penulis:SINAR

Editor:Umi Fadilla

Publis:HUMAS POLDA KALTIM

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password