1500 Pemuda Ikuti Apel Pemuda Sulteng Bersatu 2017 Demi Menjaga Keutuhan NKRI di Bumi Sintuwu Maroso

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Poso – Sebagaimana kita pahami bersama bahwa persatuan dan kesatuan yang berkembang di Masyarakat Indonesia sudah di pupuk sejak jaman pra sejarah nusantara atau kebhinekaan tunggal ika masyarakat indonesia itu lahir telah terbentuk sebelum nkri ini lahir secara hukum pada tgl 17 agustus 1945. yakni sumpah pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda pemudi yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa pada tgl 28 oktober 1928 sebagai rumusan kongres sumpah pemuda indonesia,sebagai pemersatu bangsa.

Dimana negara kita banyak terdapat perbedaan suku, ras ,agama, kesenian, adat istiadat, bahasa dan lain lain. Namun  keberagaman ciri  kebhinnekaan  tetap satu kesatuan dan persatuan dengan bendera ,lagu kebangsaan , bahasa , yang sama. Oleh karena itu, jajaran tni/ polri, pemda kab. poso, para pemuda  dan seluruh element pemuda poso adakan apel pemuda sulteng bersatu , bahwa pemuda  sbg ujung tombak generasi mendatang dengan mengajak  kita semua untuk senatiasa meningkatkn kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk menghadapi ancaman Yang dapat menganggu kedaulatan , keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. hal ini tak terkecuali wilayah poso.

Bertempat poso, di lapangan  markas yonif 714 /sm  , rabu 9/8/2017.kegiatan apel pemuda ini di ikuti 1500 peserta dengan melibatkan komponen organisasi  pemuda/pelajar, mahasiswa,   dan seluruh lapisan genersi pemuda semua ini di maknai untk merekfleksikan semangat dan keberagaman sebuah bangsa demi mencapai tujuan yang sama  yaitu pemuda yang madani  pemuda yang  berkarakter ,cerdas ,cinta tanah air, menjunjuung tinggi nilai nilai kemanusiaan ,maju dalam penguasaaan ilmu pegetahuan dan tehnologi. ada pepatah, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

Dengan demikian keanekaragaman yang telah tumbuh berkembang dapat menjadi hubungan antar manusia yang berkualitas , lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan ,sebagai kekayaan khasanah budaya bangsa kebhinnekaan. Adapun kegiatanya selama tiga hari tanggal 9 sampai 11 meliputi upacara pembukaan, ceramah wawasan nusantara, ceramah kantibmas , ceramah narkoba, deradikalisasi, penangulangan bencana, ceramah kebangsaan, latihan PBB, ceramah proxy war,pemutaran film perjuangan Jenderal Sudirman,  renungan malam.

Hal ini, dapat menjadi jembatan persatuan dengan  memupuk kebersamaan, soliditas antar pemuda  agar memiliki prinsip utama dalam berbangsa dan bernegara ,hubbul wathan minal iman, cinta tanah air itu bagian iman  ,bertujuan hidup damai dan harmonis bersatu padu sesama anak bangsa khususnya para pemuda di kawasan bumi sintuwu maroso sehingga menambah estetika  budaya sebagai bagian infrastruktur keragaman  yang mengajarkan pentingnya memajukan peradaban ,akan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan terhadap nkri yang kita cintai bersama .

Turut hadir, Bupati poso Darmin .A. sigilipu ,Wakaops Tinombala 2017 Kol Inf Satyo Ariyanto ,Dir Binmas Polda Sulteng KombesPol Drs Hondawantri, Dandim 1307/ Poso Letkol Inf Dody Triyo hadi,S.Sos ,Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, SH. SIK dan forkopimda Poso serta undangan lainya.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password