Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Himbauan Petani Tidak Membakar Hutan Dan Lahan

 

Tribratanews.polri.go.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Bhabinkamtibmas Polsek Monterado desa Mekar Baru sampaikan himbauan saat hadiri kegiatan panen Kacang Tanah di desa Mekar Baru Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Menanam kacang tanah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tani yang ada di desa Mekar Baru yang mana hasil dari menanam kacang tanah tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi warga atau anggota dari kelompok tani tersebut.

Bertempat di lahan perkebunan bapak Sudirman kelompok tani Sumber Abadi dusun Barabas Baru II Rt. 011 Rw. 002 desa Mekar Baru Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang di lakukan panen kacang tanah hasil dari tanaman anggota kelompok tani Sumber Abadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala UPT Dinas Pertanian Kecamatan Monterado Ibu Inggit Teti Sutiana, S.ST, Penyuluh Pertanian Lapangan Bapak Ramijo, S.ST, Kepala Dusun Barabas Baru II Bapak Adi Rahmad, Bhabinkamtibmas desa Mekar Baru BRIGADIR Iwan Kurniawan, dan Babinsa KOPKA Suprapto, serta Ketua dan anggota kelompok tani Sumber Abadi.

Dalam kesempatan ini Bhabinkamtibmas desa Mekar Baru BRIGADIR Iwan Kurniawan menyempatkan diri untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas serta himbauan kepada seluruh yang hadir saat itu untuk tidak membakar hutan dan lahan baik itu untuk membuka lahan bercocok tanam yang baru maupun mengolah lahan bercocok tanam selanjutnya.

“Memasuki masa tanam dan musim panas ini biasanya digunakan oleh warga setempat untuk membuka lahan bercocok tanam dengan cara dibakar yang mana hal tersebut dapat merusak ekosistem / lingkungan, dan juga asap yang dihasilkan dari pembakaran tersebut dapat mengganggu kesehatan kita”. Ungkap Bhabinkamtibmas desa Mekar Baru saat memberikan kata sambutannya.

Hasil panen kacang tanah kali ini cukup memuaskan para petani kacang tanah dan anggota kelompok tani. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh dengan keakraban.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor. : Umi Fadillah
Publish. : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password