Kapolres Sanggau Keluarkan Maklumat Larangan Bakar Hutan dan Lahan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Dalam rangka mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kepolisian Resort Sanggau menyebarkan himbauan tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar.

Himbauan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat serta menyadarkan masyarakat untuk tidak sekali-kali melakukan pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dengan ini Kapolres Sanggau menyampaikan maklumat yaitu saat ini di wilayah Kabupaten Sanggau telah memasuki musim kemarau, dengan suhu cukup tinggi sehingga menimbulkan kekeringan pada lahan yang rawan terjadinya kebakaran.

Kepada seluruh warga masyarakat atau pihak manapun di Kabupaten Sanggau agar tidak melakukan pembakaran lahan, hutan dan kebun ataupun tindakan lain dengan tujuan apapun, baik sengaja maupun tidak sengaja yang dapat menimbulkan terjadinya bahaya asap dan rusaknya lingkungan hidup serta gangguan kesehatan dan kegiatan masyarakat lainnya.

Bilamana ada pihak-pihak yang melakukan pembakaran hutan, lahan dan kebun akan diberikan tindakan hukum yang tegas dengan acaman hukuman penjara maksimal 10 tahun serta denda Rp. 10.000.000.000.- (Sepuluh Milyar Rupiah).

Sebagaimana ketentuan pasal 108 jo pasal 69 huruf h undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup dan atau pasal 48 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2004 tentang perkebunan dengan ancaman penjara 10 tahun dan denda rp. 10.000.000.000,- (Sepuluh Milyar Rupiah).

Penulis : Reno Wisnu Pradana dan Denny Ardiyanto
Editor : Umi Fadilah / Sugeng HS
Publish : Cucu Syafiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password