Kapolda Bali Awasi Bhayangkari Daerah Bali Latihan Menembak

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Usai menghadiri upacara pembukaan pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A 2017/2018, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose melaksanakan latihan menembak di Lapangan Tembak SPN Singaraja, Rabu (9/8). Uniknya latihan kali ini diikuti oleh Bhayangkari Daerah Bali.

Sebelum melaksanakan nembak, Bhayangkari Daerah Bali yang memiliki julukan Pinky Dewata ini mendapat arahan dan materi dari para instruktur. Salah satu materi yang diberikan yaitu tentang empat aturan keamanan dalam penggunaan senjata api (senpi).

Aturan pertama yaitu petembak selalu menganggap senjata yang dipegang dalam keadaan terisi. Hal ini untuk membiasakan jari tangan untuk selalu berhati-hati. Kedua, petembak tidak boleh memasukan jari telunjuk ke trigger senpi sebelum siap menembak. “Setelah mengacungkan senjata dan membidik, jari telunjuk harus lurus dengan badan senjata. Kalau sudah siap menembak, jari telunjuk baru dimasukan ke trigger senpi,” terang instruktur menembak Ipda I Wayan Pande.
WhatsApp Image 2017-08-09 at 12.45.30
Ketiga, petembak tidak boleh mengarahkan laras senpi kemana-mana, hanya boleh ke arah sasaran tembak. Walaupun senpi dalam keadaan kosong, laras senpi tetap kearah sasaran. Sedangkan yang keempat yaitu saat siap menembak, petembak harus memastikan keamanan di sekelilingnya agar tidak ada orang yang menjadi korban.

“Yang paling penting adalah pengamanan senjata, semua harus sesuai aturan. Karena kejadian di lapangan tembak tidak ada toleransi,” imbuhnya.

Usai mendapatkan materi, Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny. Barbara Golose serta Bhayangkari lainnya melaksanakan latihan menembak dengan slow fire tanpa dibatasi waktu. Satu persatu plat baja yang dipasang di daerah sasaran dibidik, ditembak dan dapat dijatuhkan.

Tidak hanya Bhayangkari, para Kapolres juga diminta untuk melaksanakan latihan menembak. Latihan ini, untuk meningkatkan kemampuan para Kapolres agar lebih mahir dan tepat sasaran saat menembak. Selama pelaksanaan latihan, diawasi langsung oleh Kapolda Bali.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadillah

Publish : Made Ardana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password