Kunjungi Warganya yang Terkena Musibah Banjir Bandang, Kapolres Sidrap Berikan Bantuan Sembako

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji beserta rombongan mengunjungi warganya yang terkena dampak musibah banjir bandang di Desa Dengeng-dengeng Kecamatan Pitu riase Kabupaten Sidrap, Selasa (8/8/17) Siang.

Turut hadir dalam rombongan tersebut yaitu Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny. Meylani Aji, Kasat lantas AKP Muhdar dan Kasubbag Sarpras Polres Sidrap AKP H. Amaluddin, SE.

“Kami segenap keluarga besar Polres Sidrap turut berduka atas kejadian tersebut yang menghanyutkan sedikitnya 3 rumah warga dan merusak 7 rumah warga lainnya,” ujar Kapolres.

“Alhamdulillah dari laporan yang ada kami juga bersyukur bahwa hingga saat ini belum ditemukan adanya korban jiwa,” lanjutnya.

Selain melihat lebih dekat situasi di lapangan, Kapolres juga menyerahkan bantuan tali asih dan sembako kepada warga berupa beras, telur, minyak goreng, gula pasir dan mie instan.

“Jangan dilihat dari bentuknya, namun semoga ini bermanfaat buat keluarga,” kata Kapolres.

Ditempat yang sama, Camat Pitu riase Abbas Aras mengapresiasi sikap Kapolres Sidrap yang terjun langsung memantau kejadian maupun korban banjir bandang di wilayahnya tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja beliau (Kapolres) yang sangat perhatian kepada warganya, semoga kegiatan ini mampu memupuk sinergitas antara Polri dan Masyarakat,” ujar Abbas.

Polres Sidrap Peduli (PSP) merupakan suatu program unggulan Kapolres Sidrap dalam mendekatkan anggotanya dengan masyarakat dengan memberi bantuan kepada warganya yang sedang membutuhkan.

“Kembali kita luruskan niat, kami tidak semata-mata ingin cari popularitas, namun selain membantu sesama semoga kegiatan ini juga dapat bernilai ibadah dan tentunya kedekatan maupun sinergitas antara polri dan masyarakat lebih terjalin ” tutup Kapolres.

Apa yang dilakukan oleh Kapolres Sidrap merupakan salah satu upaya yang dapat menumbuhkan empati masyarakat terhadap keberadaan Polri.

Kepedulian yang diberikan Kapolres Sidrap yang mengunjungi warganya yang terkena dampak musibah banjir bandang di Desa Dengeng-dengeng dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat atas kinerja pelayanan Polri.

Meningkatnya kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri selanjutnya akan mendorong berkembangnya dukungan dan partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas.

Keberhasilan ini juga akan ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dan pihak-pihak terkait (stakeholders) dalam pelaksanaan tugas-tugas Polri. Sehingga akan terbangun kemitraan Polri dengan berbagai pihak (partnership building). Keberhasilan Polri dalam membangun kemitraan dengan berbagai pihak merupakan manifestasi dari keberhasilan pelaksanaan Renstra Polri 2010-2014 dan Grand Strategy Polri.

Dengan terwujudnya partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas diharapkan juga memberikan kontribusi terhadap keamanan dalam negeri.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan tanah longsor, diantaranya hujan, kondisi lereng yang terjal, tanah yang kurang padat, bebatuan yang tidak kuat, getaran, erosi atau pengikisan air.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password