Kapolsek Monterado Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Cegah Karhutla

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Camat Monterado lakukan rapat koordinasi antisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di aula kantor Camat Monterado (08/08/2017).

Rapat koordinasi antisipasi dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) dihadiri oleh Kepala Desa se-Kecamatan Monterado, Ketua BPD se-Kecamatan Monterado, Kepala Dusun se-Kecamatan Monterado, Ketua Adat se-Kecamatan Monterado, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH, seluruh personil Bhabinkamtibmas Polsek Monterado, Danramil Samalantan PELDA Eko Wahyu dan personil Babinsa dari Koramil Samalantan, personil Manggala Agni Adreanus Apen.

Rapat koordinasi lintas sektoral ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan sejak dini serta membahas langkah-langkah penanggulangannya yang ada di wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan wilayah Kecamatan Monterado termasuk wilayah yang rawan terjadinya kebakaran hutan karena sebagian besar wilayahnya masih terdapat kawasan hutan, oleh sebab itu perlu kita waspadai agar tidak terjadi atau tidak terulang lagi kebakaran yang pernah terjadi pada tahun lalu.

Kapolsek Monterado menambahkan, perlunya kerja sama seluruh pihak yang ada di tingkat Kecamatan, Desa, Dusun, hingga tingkat RT / RW untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Memberdayakan kembali kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) ditingkat desa yang pernah di bentuk tahun lalu, kemudian Bhabinkamtibamas dan Babinsa bersama-sama memberikan himbauan maupun sosialisasi kepada masyarakat saat masa kemarau panjang tiba dan seluruh Kepala Desa harus proaktif untuk berkoordinasi dengan Kecamatan, Polsek, dan Koramil terkait pencegahan dan penanggulangan KARHUTLA di wilayah desanya”. Terang Kapolsek Monterado.

Kapolsek Monterado juga mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Kecamatan Monterado untuk dapat menyediakan bantuan alat pemadam kebakaran seperti tangki penyemprot dan alat lainnya untuk memadamkan api apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Kapolsek Monterado kembali mengingatkan bahwa KARHUTLA adalah tangung jawab bersama, bukan TNI, dan POLRI saja tapi perlu sinergitas antara Pemerintah tingkat Kecamatan, tingkat Desa dengan unsur terkait dan masyarakat Kecamatan Monterado.

Rapat yang di pimpin oleh Camat Monterado Edward Haris, S. Sos berlangsung dengan tertib dan diharapkan dapat mencegah terjadinya KARHUTLA di wilayah Kecamatan Monterado dengan kepedulian serta sinergisitas seluruh unsur yang ada di tingkat Kecamatan dan Desa.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor. : Umi Fadillah
Publish. : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password