Patroli Polisi Polresta Surakarta Pergoki dan Membekuk Pencuri Kotal Amal Masjid

Tribratanews.polri.go.id.Polda Jateng.Polresta Surakarta – Satuan Reserse Umum Polresta Surakarta berhasil memergoki dan menggelandang seorang pemuda pencuri kotak amal Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Jajar RT 04 / RW 03 Kecamatan Laweyan, Solo, Jumat 04 Agustus 2017 dinihari.

Berdalih mendapat bisikan gaib, Aldian Rizky (20) nekat menggondol kotak amal di Pria pengangguran ini nekat menggotong kotak amal yang terbuat dari kayu seberat 20 kilogram lebih. “Pelaku ini menggondol uang di dalam kotak amal Masjid Al Ikhlas, Jajar, Laweyan, Solo,” terang Wakasat Reskrim Polresta Solo, AKP Sutoyo.

Penangkapan pelaku ini bermula saat pelaku, warga Perum Brotoseno Blok B, Bolon, Colomadu, Karanganyar tersebut tidur di dalam masjid pada Kamis03 Agustus 2017 sekitar pukul 23.00 WIB. Saat tidur pelaku bermimpi disuruh untuk mengangkat kotak amal masjid. Pelaku terbangun sekitar pukul 00.30 dinihari dan nekat menggotong kota amal masjid yang berisi uang yang ditaruh didalam masjid.

Saat bangun pelaku, mengaku merasa lapar dan mendapat bisikan gaib suruh ngangkut kotak amal kalau lapar. Lalu, pelaku mengangkutnya di bawa keluar ” terang Wakasatreskrim.

Pelaku membawa kotak amal berisi uang tersebut ke sebuah kebun kosong tak jauh dari lokasi masjid. Merasa sudah aman maka pelaku langsung berusaha mengambil uang di dalam kotak dengan memukul kaca kotak amal menggunakan batu hingga rusak dan mengambil uangnya semua. Nasib baru sial saat membawa segepok uang dengan nominal bervariasi tersebut, muncullah Patroli Polisi. Merasa gerak geriknya mencurigakan dan waktu yang juga mencurigakan maka dilakukan tindakan kepolisian dengan pemeriksaan dan interogasi dan kemudian dilakukan pengamanan ke Polresta Surakarta.

Setelah di amankan dan dimintai keterangan pelaku mengakui perbuatanya bahkan pelaku telah dua kali melakukan aksi kejahatan dengan modus yang sama. Aksi yang pertama, dirinya berhasil lolos. Namun untuk aksi keduanya ini, dia sial dan harus mendekam di Sel Tahanan Polresta Surakarta.

Dari penangkapan tersangka ini berhasil diamanakan barang bukti sejumlah uang yang dibawa pelaku, kotak amal yang rusak, tas cangklong dan sarung. Jumlah uang tunai yang di bawa tersangka senilai Rp 3.775.000.

Kepada tersangka ini di kenai pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dan diancam dengan hukuman penjara maksimal tujuh tahun penjara.Dan guna memepertanggungjawabkan perbuatanya maka pelaku di tahan di Polresta Surakarta hingga berkasnya selesai dan di limpahkan Ke Penuntut Umum.

Penulis    : Sumarjo
Editor     : Umi Fadilah
Publish   : Sumarjo

Admin Polri56598 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password