Kurangi Angka Kecelakaan Direktorat Bersama Satuan Lalu Lintas Jajaran Polda Sulbar Lakukan Launchin Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan 2017 – 2018

WhatsApp-Image-2017-08-07-at-14.19.304

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kepolisian Republik Indonesia Daerah Sulawesi Barat menggelar kegiatan Launchin Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan 2017 – 2018 di Anjungan Pantai Manakarra Jln. Urip Sumoharjo Kab. Mamuju. Selasa (08/08/17) Pukul 08.00 Wita.

Dalam kegiatan pagi ini, Polisi melakukan Sosialisasi seperti hiburan berupa penampilan Polisi Wanita  Yang Memperagakan Gerakan Keselamatan Berlalu Lintas, aksi Marawis yang dibawahkan oleh Putra Daerah Mamuju, Tarian Khas Mamuju dan beberapa hiburan lainnya kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan sesi penyerahan Bantuan berupa Santunan Senilai Rp 50.000.000 Perorang yang diberilkan Kepada 4 Korban Kecelakaan dari Pihak Jasa Raharja Prov. Sulbar dan Pembagian Helm Gratis Kepada yang hadir dalam kegiatan Launching Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan ini.

Dalam Kegiatan Ini turut hadir Gubernur Sulbar, Kapolda Sulbar, Kepala Badan Narkotika Sulbar, Wakapolda Sulbar, Ketua DPRD Sulbar, Kepala Kementrian HAM Sulbar, Kabinda Sulbar, Danrem 142 Tatag, Pejabat Utama Polda Sulbar, Perwakilan Kementrian Pertahanan Sulbar, Kajari Sulbar, Dandim 1418 Mamuju, Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Sulbar, dan Lanal  Kab. Mamuju, OPD Sulbar, Kapolres Mamuju, Bupati Mamuju, Para Kadis, Para Rektor Universitas Sulbar,  Kacab, BRI dan BPD Kab. Mamuju, Kepala Telkom Sulbar, Ketua Organda, Ketua IMI, dan Ketua MTI Sulbar, Ketua Pengadilan Negeri Mamuju, Ketua DPRD Kab. Mamuju, Ka Satpol PP Sulbar, Serta Mahasiswa dan Siswa-Siswi baik dari SD, SMP, SMA, dan SMK yang Berada Di Kab. Mamuju.

Usai Kegiatan Hiburan Akan Dilakukan Pelepasan Balon Sebagai Tanda Lounching telah Dilaksanakan, Namun Sebelumnya Ada Sambutan yang akan Dibawahkan oleh Kapolda dan Gubernur Sulbar. Dalam Sambutannya Kapolda Menyampaikan Bahwa hasil Riset  Badan Kesehatan Dunia World Helath Organization menyatakan bahwa angka kematian kecelakaan di dunia cukup tinggi sebanyak 1,24 Juta orang menjadi Korban meninggal dunia setiap tahunnya angka terus  bertambah jika tidak dilakukan  langkah-langkah Konkrit karena diperkirakan naik menjadi 1,9 Juta pada tahun 2020.

Di indonesia Sendiri Menurut sumber data Polri pada tahun 2016 telah terjadi kecelakaan Lalu lintas, sebanyak 105.374 kasus dengan korban meninggal dunia 25.859 atau 71 orang per hari. angka ini menyatakan bahwa tingkat fatalitas  kecelakaan dijalan raya  merupapakan penyebab kematian.

Sedangkan di Sulawesi Barat Jumlah kecelakaan sampai bulan Juni tahun 2017  mengalami peningkatan trend kecelakaan sebanyak 67% dibanding pada tahun sebelumnya. sedangkan jika dilihat dari kasus yang menyebabkan korban meninggal dunia sampai bulan juni 2017 sebanyak 75 orang atau 2 jiwa perhari.

Dan Pada Pesan Akhirnya Kapolda Menyampaikan Harapan bahwa launching tahun keselamatan untuk kemanusiaan bertujuan agar instansi Polri dan instansi yang lain dapat bersinergi untuk dapat mengimplementasikan undang-undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan secara profesional cerdas dan modern serta dapat menginspirasi kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa keselamatan dalam berlalulintas adalah hal yang pertama dan utama, Oleh karena itu tujuan dilakukan kegiatan ini adalah salah satunya agar semua lapisan masyarakat instansi pemerintah harus memiliki komitmetmen untuk peduli terhadap masalah-masalah keselamatan berlalu lintas.

Sedangkan Harapan Gubernur Sulawesi Barat “Diharapkan, dengan program baru ini, jajaran kepolisian lalulintas dapat terus menekan jumlah kecelakaan dan angka korban fatalitas kecelakaan. Harapan ini Dikususkan Kepada Personil Lalulintas karena yang mempelori acara ini adalah Dari satuan Lalulintas Polda Maupun Polres Jajaran Polda Sulawesi Barat yang Sangat Berperan Dan Berkenaan Langsung Dengan Tugas Dilalulintas.

Penulis : Indra Reskiawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Srirahayunita

Admin Polri53937 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password