Inovasi Bhabinkamtibmas Desa Tompobulu, Luangkan Waktu Mengajar Hingga Membuat Perpustakaan di SD Terpencil

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bhabinkamtibmas Desa Tompobulu Bripka Alimuddin Nur memiliki tugas tambahan, tidak hanya menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat diwilayahnya, Bripka Alimuddin juga turut membantu mengajar siswa SDN Bontosunggu yang bersebelahan dengan Kabupaten Gowa.

Keterlibatan Alimuddin dalam mengajar membaca karena keprihatinannya terhadap minimnya tenaga pendidik di sekolah dasar tersebut dan kondisi sarana dan prasarana yang sangat minim dimana SD  tersebut sangat terpencil dipedalaman Kec. Tompobulu, Maros.

Selain mengajar, Bripka Alimuddin juga mengagas dibuatnya perpustakaan dengan menyediakan buku-buku sebagai bacaan siswa dan masyarakat daerah tempat anggota tersebut berdinas.

Perpustakaan dengan jumlah buku yang masih seadanya itu merupakan sumbangan anggota Polsek Tompobulu dan dari inisiatifnya mencari dan mengumpulkan buku-buku.

Desa Bontosunggu  merupakan daerah yang masih terisolasi di pelosok pedalaman dan sebagai pemukiman tertinggi di Tompobulu Maros

Kapolsek Tompobulu AKP Irawan Pribadi mengatakan, munculnya ide Bhabinkamtibmas membantu mengajar di sekolah dan menyediakan perpustakaan bermula saat dirinya melakukan kunjungan ke daerah yang hanya bisa dijangkau kendaraan roda dua beberapa waktu lalu.

Saat menggelar pertemuan dengan masyarakat dan pihak sekolah, terungkap bahwa sekolah itu kekurangan tenaga pendidik dan masih sangat minim sarana dan prasarana.

“Sehingga muncullah keinginan dari anggota Bhabinkamtibmas untuk ikut membantu mengajar siswa dengan ikhlas tampa mengharapkan imbalan,” kata dia, Rabu (8/3/17).

Tidak hanya mengajar, kata AKP Irawan, Bripka Alimuddin juga memiliki ide membuat perpustakaan disekolah Tersebut.

“Tentunya ide itu langsung saya respon baik, dan saya minta seluruh anggota yang jumlahnya sekitar 30 orang untuk ikut menyumbang buku. Hasilnya alhamdulilah sekarang cukup memadai,” ujarnya.

Lebih lanjut Irawan mengatakan lokasi Sekolah dan perpustakaan itu rencana juga akan kami usulkan kepada Bapak Kapolres Maros untuk diresmikan sekaligus meninjau upaya Bhabinkamtibmas kami dalam mencerdaskan anak bangsa tanpa mengenal lelah.

Jadwal mengajar Bripka Alimuddin  menyesuaikan dengan tugas pokoknya sebagai anggota kepolisian. Yaitu pada hari-hari tertentu atau saat ada waktu senggang Bripka Alimuddin ikut membantu mengajar siswa.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password