Polda Papua Berhasil Menangkap Pelaku Sindikat Perdagangan Narkoba Antar Negara

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – ML (42 Th), DT (32 Th) dan MW (29 Th) salah satu sindikat perdagangan Narkoba jenis ganja lintas batas Negara Indonesia-PNG oleh tim gabungan Polda Papua dan Polsek Muara Tami di Jalan Skow, pinggir hutan Widuri, Distrik Muara Tami, Senin 907/08/2017).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol A M Kamal, SH menjelaskan, penangkapan berawal dari informasi masyarakat bahwa akan dilakukannya transaksi di pinggir jalan, kurang lebih 800 meter dari Pasar Skow di samping perkebunan Hutan Widuri. Mendapat informasi tersebut tim bergerak untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

‘Sekitar pukul 12.02 Wit tim berhasil menangkap pelaku ML dan MW yang saat itu sedang melakukan transaksi di pinggir jalan dekat pasar Skow dan mengamankan barang bukti berupa narkoba jenis ganja sebanyak 13 paket di dalam kantong plastik yang terbungkus dengan Karung Putih,” jelas Kabid Humas.

Setelah dilakukan pengembangan, kata Kabid, didapat informasi bahwa barang bukti lainnya disimpan di salah satu kebun milik warga. Selanjutnya tim menuju ke lokasi yang dimaksud. Tim kemudian mengamankan seorang wanita berinisial DT, dimana menurut keterangan pelaku ML barang tersebut sebelumnya disimpan di dalam tas wanita tersebut.

Polda Papua Berhasil Menangkap Pelaku Sindikat Perdagangan Narkoba Antar Negara

“Pada saat tim akan meninggalkan TKP, salah satu pelaku berinisial ML berusaha melawan dan  melarikan diri ke dalam hutan. Saat itu personil melakukan tembakan peringatan ke udara sebanyak 2 kali namun pelaku tidak menghiraukan sehingga personil langsung melumpuhkan pelaku dengan menembak kaki pelaku sebanyak 1 kali,” ujar Kombes Pol A M Kamal.

Selanjutnya, lanjut Kabid, tim bergerak dari TKP menuju Rumah Sakit Bhayangkara untuk melakukan penanganan medis terhadap pelaku ML, sedangkan 2 pelaku masing-masing DT dan MW dibawa bersama barang bukti berupa tiga belas bungkusan ganja ukuran besar (Plastik berukuran kurang lebih 20x10cm) dan 1 bungkus plastik ganja ukuran kecil (Plastik berukuran kurang lebih 15x5cm) ke Dit Narkoba Polda Papua guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Untuk diketahui bahwa peran pelaku ML adalah sebagai pemilik narkoba jenis ganja yang dibwa dari PNG, sedangkan pelaku DT berperan sebagai kurir yang membawa barang Lintas batas dan pelaku MW berperan sebagai pemesan barang dari Jayapura. ML dan DT adalah wwarga negara PNG dan MW adalah warga negara Indonesia,” terang Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol A M Kamal.

Penulis             : Dewa Semara
Editor               : Umi Fadilah
Publisher         : Reinaldy N R

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password