Bhabinkamtibmas Desa Rantau Lakukan Patroli Bersama Cegah Karhutla

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Bhabinkamtibmas Polsek Monterado desa Rantau bersama Babinsa desa Rantau dan personil Manggala Agni melaksanakan Patroli bersama (07/08/2017).

Kegiatan Patroli bersama ini dilaksanakan dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas 2017 dan mengingat di desa Rantau Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang ini berpotensi terjadi kebakaran hutan atau lahan baik yang disengaja atau tidak disengaja. Sasaran Patroli dilakukan di Dusun Sibaju mengingat wilayah ini memiliki areal hutan yang cukup luas.

Kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) bukan sekedar persoalan penegakan hukum dan kondisi alam, melainkan berkaitan dengan perubahan pola pikir dan kebiasaan masyarakat, untuk itu kegiatan Patroli Pencegahan dan Penanggulangan KARHUTLA terus dilakukan meskipun kondisi curah hujan masih terjadi.

Saat melakukan Patroli di lapangan, tim Cegah KARHUTLA gabungan terdiri dari personil Manggala Agni, personil TNI dari Koramil Samalantan, personil Bhabinkamtibmas desa Rantau BRIPKA Hendrikus, dan masyarakat yang berada di sekitar desa sasaran Patroli.

Menggunakan kendaraan bermotor yang mana kegiatan yang dilaksanakan diharapkan dapat mengurangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta juga mampu menekan sebaran titik panas (hotspot) di wilayah Kecamatan Monterado.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH menjelaskan bahwa untuk mencegah terjadinya KARHUTLA di wilayah hukum Polsek Monterado serta dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas 2017 pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, serta melakukan giat Preemtif berupa menempelkan selebaran himbauan terkait cegah KARHUTLA dan Patroli Terpadu bersama-sama dengan instansi terkait.

“Patroli cegah KARHUTLA yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas ini untuk mendata dan melakukan pemetaan areal hutan dan lahan yang memiliki potensi terjadinya kebakaran”. Ujar Kapolsek Monterado saat di konfirmasi.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor. : Umi Fadillah
Publish. : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password