Karyawan Ini Gelapkan Uang Perusahaan Hingga Milyaran Rupiah

tribratanews.polri.go.id -Jogja, Seorang karyawan perusahaan pengembang perumahan ditangkap bersama ratusan barang bukti. Kerugian dana perusahaan ditaksir hingga Rp 5,1 Milyar. Pelaku yang menjabat sebagai bendahara di perusahaan tersebut memalsukan tanda tangan direktur utamanya. Dari ratusan barang bukti tersebut antara lain giro, cek dan kwitansi dengan nominal yang beragam, SPT Tahunan dari tahun 2010 – 2014, perlengkapan rumah tangga, barang elektronik, laptop, audio mobil serta jam tangan merk Ferrari.

Pelaku, AHI (26) warga Purbalingga Jawa Tengah melakukan aksinya selama dua tahun ia bekerja di perusahaan tersebut. Pelaku memalsukan tanda tangan dirut di sejumlah cek di Bank BNI, Mandiri, BCA maupun CIMB Niaga dan dicairkan. Kemudian uang tersebut ditransfer ke rekening pribadi miliknya tanpa izin perusahaan.

Kapolres Sleman, AKBP Burkan Rudy Satria, S.I.K., saat menggelar press release di depan para awak media menyampaikan kasus penggelapan ini diketahui setelah dilakukan audit oleh bagian keuangan perusahaan dan ditemukan selisih nilai. Pencairan yang kerap dilakukan juga tidak disertai dengan uang yang diterima perusahaan.

“Selain untuk foya-foya, uang tersebut ia gunakan untuk judi online. Dan sempat mendirikan showroom motor di daerah asalnya (Purbalingga Jateng),” ujarnya, Senin (7/8/2017).

Kapolres menambahkan, pelaku yang menerima gaji sebesar Rp3 juta per bulan tersebut dinilai masih kurang. Niatan untuk melakukan tindakan tersebut terlintas begitu saja ketika masuk ke perusahaan, terlebih lagi ia memang memiliki kuasa penuh untuk mencairkan cek perusahaan.

Kapolres menjelaskan pelaku dijerat dengan Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman enam tahun penjara atau Pasal 374 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Selain itu, adapula pasal 3, 4, dan 5 UU nomor 8/2010 tentang Money Laundry dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

penulis : Rendi
editor : Umi Fadilah
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password