Di Solok Selatan Sumbar, Anak Sopir Truk Lulus Masuk Polisi

IMG_20170807_210947

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Kepolisian negara republik Indonesia saat ini tengah berbenah diri untuk meningkatkan kepercayaan ditengah-tengah masyarakat.

Salah satu contohnya dalam hal rekrutmen Penerimaan Polri tahun 2017 sudah transparan. Di Sumatera Barat, salah seorang anak sopir truk akhirnya lulus masuk sebagai calon siswa Taruna akademi kepolisian (Akpol).

Ialah Desrianto (50), seorang sopir truk asal Solok Selatan Sumbar ini terharu dan gembira setelah mengetahui anaknya bernama Yoga Fatur Rahman, lulus dalam seleksi penerimaan Akpol tingkat daerah.

Ini disampaikan dalam sebuah testimoni yang ia sampaikan, saat redaksi melihat video rekaman testimoni yang diputar di ruang Bidhumas Polda Sumbar, Senin (7/8) siang.

Dan rasa syukur tak henti-hentinya ia ucapkan, apalagi setelah melakukan tes di tingkat pusat di Semarang, anaknya bersama sembilan orang lainnya asal Sumbar dinyatakan lulus dan selanjutnya melaksanakan pendidikan di Akpol.

Dalam rekaman tersebut terdengar ucapan Desrianto yang mengatakan bahwa selama anaknya mengikuti tes, tidak menggunakan dan mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Anak saya lulus Akpol tidak pakai uang sama sekali”, ujar Desrianto saat testimoni ditayangkan.

Oleh karena itu, masyarakat yang berpandangan masuk Polisi itu bayar, kini terbantahkan dengan adanya anak salah seorang sopir lulus masuk pendidikan polisi, selain itu juga ada orang tuanya yang berprofesi sebagai buruh, kuli bangunan maupun petani.

“Polri tidak melihat siapa orangtuanya, jika anaknya mampu dan layak untuk diterima, ya pasti diterima masuk Polisi”, ujar Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi yang didampingi Kabag Dalpers Rosdm AKBP Ahmad  Basahil, S.Ik.

Kombes Pol Syamsi menerangkan bahwa dalam pelaksanaan rekrutmen Penerimaan Polri tahun 2017, baik untuk Akpol, Bintara dan Tamtama menggunakan sistem BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis).

“Pada umumnya orangtua Bintara yang lulus ini, ada yang bekerja sebagai, petani, sopir, buruh, tukang tambal ban, dan lainnya”, terangnya.

Kabid Humas juga mengimbau kepada pemuda-pemudi generasi muda, khususnya anak orang yang kurang mampu ekonominya yang bercita-cita menjadi anggota Polri silahkan ikut melamar jangan takut tidak lulus. Silahkan mendaftar dan mempersiapkan fisik,mental dan kemampuan akademik.(*).

Penulis: R. Fauzi/Sumbar
Editor  : Umi FadilahP

Publish: R.Fauzi / Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password