Jalin Kebersamaan, IKAL Bersama TNI dan Polri Olahraga Jalan Santai di Plataran Candi Prambanan

tribratanews.polri.go.id -Jogja, ikatan keluarga alumni Lembaga Ketahanan Nasional/Lemhannas (IKAL) bersama TNI dan Polri menggelar gerak jalan santai menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Pelataran Candi Prambanan Sleman, Sabtu (5/8/2017). Kegiatan yang bertajuk Silahturahmi TNI, Polri dan Ikal DIY ini bertujuan untuk mewujudkan stabilitas Kamtibmas di wilayah Yogyakarta dihadiri anggota Ikal, Kapolda DIY, Danrem 072/Pamungkas serta anggota TNI Polri yang memenuhi halaman Sendra tari Ramayana dengan suasana yang bahagia dan kekeluargaan.

Dalam kegiatan tersebut bertujuan mempererat hubungan TNI POLRI untuk menjaga Sinergitas dan Soliditas antara IKAL, TNI dan Polri yang selama ini sudah baik,

kapolda memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini yang di lakukan secara bersama sama guna meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan TNI Polri, karena kegiatan ini di lakukan menjelang dilaksanakannya peringatan HUT RI yang ke-72 dengan mengusung tema ” MERAJUT PERSAUDARAAN, MEMPERKOKOH SOLIDITAS DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI”.

Pada sambutannya Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri M.Si., menegaskan tentang selaras dengan tekad dan komitmen kita (TNI-POLRI) sebagai anak bangsa yang di berikan amanah oleh Allah SWT dan dianugerahi wilayah yang begitu luas berupa daratan, lautan dari Sabang sampai Mauroke dengan segala macam suku budaya dan adat istiadat yg beraneka ragam.

Pluralisme bangsa indonesia yg terdiri dari berbagai etnis dan agama membawa konsekwensi terhadap terjadinya pertentangan antar kelompok atau individu yg bernuansa suku, ras, dan antar golongan apabila tidak di kelola dengan baik akan berpotensi terjadinya konflik yg berkepanjangan.
“Persoalan yg kita hadapi saat ini sangat komplek perkembangan lingkungan strategis yg di pengaruhi oleh isu global, telah mendorong pesatnya perubahan berbagai aspek kehidupan yg bersekala internasional, regional maupun nasional,” ujarnya.

Kemudian Kapolda DIY menambakan fenomena ini akan berpengaruh terhadap masyarakat, perkembangan situasi tersebut apabila tidak diantisipasi dan dikelola dengan baik dapat berpotensi menimbulkan kerawanan dan kecenderungan meningkatnya ancaman terhadap keamanan, jangan sampai terjadi perpecahan dan pertikaian sesama anak bangsa yang bisa membahayakan persatuan dan kesatuan NKRI. Oleh karena itu pada momentum ini menjadi wahana penting guna meningkatkan kerjasama antara TNI POLRI untuk bersama sama perduli terhadap berbagai hal yang menyangkut keamanan sekecil apapun yang bisa memicu retaknya persatuan dan kesatuan.

penulis : Murpratomo Agung
editor : Umi Fadilah
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password