Cegah Lakalantas, Satlantas Polres Paser Pasang Mimotas

PASER  –  Sejumlah upaya terus dilakukan oleh jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Paser dalam menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di ruas trans Kaltim. Salah satunya, memasang replika mobil patroli lalu lintas tiga dimensi yang diberi nama Miniatur Mobil Lantas (Mimotas) di sejumlah titik yang rawan kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Sedikitnya ada tiga titik kawasan rawan lakalantas di trans Kaltim yang dipasang Mimotas. Di antaranya di kawasan Semuntai, Jemparing, dan Kademan, Kabupaten Paser

“Dengan adanya Mimotas, bisa menjadikan para pengguna jalan trans Kaltim lebih berhati-hati dan tidak ugal-ugalan dalam berkendara di sejumlah titik yang rawan lakalantas,” ujar Kasat Lantas Polres Paser AKP Hendro Wibowo SH, Kamis (3/8).

Pemasangan Mimotas tiga dimensi ini untuk memberi tanda kepada pengendara, jika jalur yang sedang dilaluinya itu rawan lakalantas. Dan, secara tidak langsung membuat pengendara lebih berhati-hati serta disiplin dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Ketika pengendara melihat Mimotas, paling tidak mengira itu mobil polisi sungguhan, sehingga mindset untuk berkendara kecepatan tinggi bisa dihindarkan dan otomatis akan mengurangi kecepatan berkendaranya,” beber Hendro.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan terobosan pemasangan Mimotas di bahu jalan trans Kaltim ini, baru kali pertama dilakukan dengan harapan bisa menekan angka lakalantas dan pelanggaran di ruas trans Kaltim sehingga terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Paser.

Penulis:SINAR

Editor:Umi Fadilla

Publis:HUMAS POLDA KALTIM

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password