Karhutla Tanggung Jawab Kita Semua

Tribratanews.polri.go.id – Polres Pelalawan. Provinsi Riau, salah satu Provinsi yang terdapat 2 musim yang datang silih berganti, Musim Hujan dan Kemarau.

Pada saat musim hujan, masyarakat riau menyambut dengan suka cita , namun tatkala memasuki musim kemarau, mulai lah terjadi kekeringan dan musibah kabut asap melanda, kebakaran hutan dan lahan terjadi dimana-mana, anak anak sungai mulai mengering akibat tidak ada turun hujan.

stopDaerah daerah yang sering dilanda Kebarakan hutan dan lahan untuk diwilayah Kab Pelalawan yaitu Kec Ukui di desa Air Hitam, kec Langgam didesa segati dan kawasan TNTN, kec Teluk Meranti didesa Pulau Muda, kec Bunut, kec Pangkalan Kuras di kawasan TNTN, kec Pangkalan kerinci di desa Tanjung Putus.

Adapun Karhutla ini terjadi sering kali disebabkan oleh Oknum yang pergi memancing kemudian asal melempar puntung rokok yang dapat menyebabkan terbakarnya daun-daun maupun ranting yang telah kering, disamping itu karhutla ini juga sering terjadi karna masyarakat yang membakar sampah tanpa dilakukan pengawasan sehingga dengan bantuan tiupan angin, api menjadi besar dan membakar lahan lainnya.

Titik api yang sering timbul di wilayah pelalawan yaitu di kec Teluk Meranti, Kec Langgam, Kec Kuala Kampar, Kec Pangkalan Kuras, Kec Ukui .

Sampai saat ini, Pihak Polres Pelalawan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait BPBD, Pemadam Kebakaran, Sat Pol PP, TNI , Maupun MPA untuk bersama2 turun kelapangan memadamkan api apabila ditemukan Fire Spot di wilayah Pelalawan, dan juga Pihak Polres Pelalawan telah membentuk Regu UKL (Unit Kerja Lapangan) yang selalu standby dan siap diturunkan apabila ada panggilan mendadak terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Polres Pelalawan.

Baca juga: Karhutla di Pelalawan, Kapolres Pelalawan Bersama Satgas Darat dan Udara Berjibaku Memadamkan Api

Sedangkan untuk tindakan Pencegahan atau Preventif Pihak Polres Pelalawan juga telah melakukan Sosialisasi, Himbauan-Himbauan untuk tidak membakar hutan dan lahan , Membuat Kanal Bloking untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan ini, sedangkan untuk tindakan penegakan hukum Pihak Polres Pelalawan berhasil melakukan penangkapan kepada Oknum yang dengan sengaja membakar lahan sehingga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan ini.

Semua masyarakat riau berharap agar kebakaran hutan dan lahan ini dapat dicegah dan diatasi sehingga musibah kabut asap tidak terjadi lagi di wilayah riau, tentunya itu dapat terwujud dengan bantuan Seluruh elemen masyarakat, Elemen Pemerintahan saling bersinergi dan bekerja sama . Semoga Provinsi Riau khususnya pelalawan dapat mengatasi Musibah Kabut Asap ini.

Penulis: Alvin.P

Editor: Umi Fadilah

Publish: Madi23

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password