Kunjungi Polda Bali, Wakil Duta Besar Inggris Apresiasi Kinerja Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali,  Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Kepala Bidang Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si., dan Wakil Direktur Pamobvit Polda Bali AKBP Jermias Rontini, S.I.K., M.Si., menerima kunjungan dari Konsulat Inggris yang dipimpin oleh Juliet Maric selaku Wakil Duta Besar Kedutaan Besar Inggris, bertempat di Ruang Tamu Kapolda Bali, Kamis (3/8).

Kedatangan Juliet Maric di Polda Bali bersama John Makin selaku Wakil Konsul Konsulat Inggris dan Hana Tantra selaku Asisten konsulat disambut langsung Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, selanjutnya mengucapkan selamat datang di Polda Bali. Kapolda juga menyampaikan bahwa dirinya diundang untuk menjadi observer dalam pertemuan CT Excercise pada bulan Oktober 2017 di Scotland, Inggris.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas terkait kunjungan turis asal Inggris yang berlibur ke Bali. Bahwasanya, dalam 3 tahun terakhir, Inggris merupakan negara dengan peringkat nomor 4 terbanyak kunjungan turisnya di Bali. Namun, hingga saat ini tidak ada kasus menonjol yang disebabkan oleh turis asal Inggris. Dengan adanya direct flight London-Bali yang disediakan, memungkinkan peningkatan turis yang datang ke Bali.

Wakil Konsul Konsulat Inggris menambahkan, bahwa pihaknya akan memperluas Kantor Konsulat dan menambah staf yang ada di Bali. Hal ini dilakukan mengingat belakangan ini di Bali banyak wisatawan yang melapor tentang street crime seperti penjambretan tas wisatawan yang berisi paspor, dompet dan lain-lain. “Rencananya kantor akan berlokasi di tempat yang sama dengan Konsulat Australia dan masih dibahas lebih lanjut,” ucapnya.

Menanggapi pertanyaan Juliet Maric terkait tantangan yang dihadapi oleh Polda Bali saat ini, Kapolda Bali mengatakan bahwa untuk sekarang belum ada yang signifikan. Namun kami tetap menjaga Bali agar kondusif. Selain masih bergerak dalam pemberantasan narkoba, gangster, Counter terorrism dan transnational crimes, Jenderal bintang dua ini juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membentuk satgas CTOC yang terdiri dari 88 anggota pilihan Polda Bali yang bertugas untuk menjaga Bali.

“Anggota CTOC sudah setara dengan kemampuan densus 88 dalam hal profiling dan analis. Selain itu, tim ini juga diberikan pelatihan untuk lebih fokus pada tujuan utama yaitu memberantas kejahatan transnasional,” tegas Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.

Terkait usaha untuk menghadapi ketakutan terhadap teroris, Kapolda Bali mengatakan bahwa pihaknya selalu memberikan pelatihan dan memperluas jaringan satgas yang dibentuk. Karena sudah terbukti bahwa Indonesia menangani kasus teroris lebih banyak daripada negara di belahan dunia Eropa lainnya. Bahkan, dari Inggris pun mengakui hal tersebut. “Ancaman-ancaman yang ada akan kita analisis terlebih dahulu dengan kemampuan berbasis IT, tentunya dengan satgas yang sudah terlatih,” terang Kapolda Bali.

Menaggapi hal tersebut, Wakil Dubes Inggris ini sangat mengapresiasi atas kinerja Polri yang profesional selama ini dalam penanganan kasus teroris, mengingat bahwa Kapolda Bali merupakan ketua tim dari setiap operasi yang dilakukan berhubungan dengan teroris. Hingga saat ini, hubungan antara Indonesia dan Inggris sangat baik, semoga kedepannya dapat ditingkatkan.

Penulis : Komang Arya

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password