Operasi Bina Karuna 2017, Gubernur Pinta Kesadaran Masyarakat Tak Bakar Lahan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar. Guna mencegah serta menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menggelar Operasi Bina Karuna 2017. Upacara gelar pasukan dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Mapolda Kalbar, Jumat (4/8) dan dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, M.H.

Selain dari unsur Polri, upacara juga diikuti dari TNI, Manggala Agni, Satpol PP, Pleton Desa Siaga Api dan Pemadam Kebakaran Swasta. Gelar pasukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil, sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pemadaman kebakaran lahan.

Bencana Karhutla di Kalbar sendiri, terang Cornelis, telah menyebabkan kerugian material yang cukup besar, kerusakan ekosistem dan terganggunya kegiatan perekonomian.

“Bahkan dampak buruknya dapat dirasakan Provinsi lain serta negara tetangga,” ungkapnya.

Walaupun tiap tahun titik hotpsot karhutla di Kalbar mengalami penurunan, Cornelis tetap meminta kesadaran dari masyarakat Kalbar sendiri untuk tidak sembarangan membakar hutan dan lahan.

“Saya mohon kepada masyarakat untuk sadar sesadar – sadarnya bahwa karhutla itu sangat berbahaya. Selain itu saya pinta kesiapsiagaan dan keseriusan instansi terkait yang terlibat penanggulangan karhutla,” pintanya.

Diacara yang sama, Kapolda Kalbar Irjen Pol Erwin Triwanto mengatakan pihaknya akan secara tegas menindak siapa saja yang terbukti terlibat pembakaran lahan secara liar.

“Kita tidak main – main, yang terbukti melakukan pembakaran akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Penulis : Billy

Editor : Ummi Fadillah

Publish : Dhean Haritaning

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password