Pengamanan Aksi Damai oleh PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC. PMII) Mamuju

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kepolisian Resort Mamuju kembali disibukkan dengan pengamanan Aksi damai yang mengatas namakan dirinya sebagai PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ( PC. PMII ) Mamuju. Kamis (03/08/17) Pukul 10.00 Wita. di Kantor Bupati Mamuju.

Aksi tersebut, dipimpin langsung oleh Heri Siswanto sebagai Koordinator lapangan (Korlap) dengan membawa massa kurang lebih 20 orang dengan tuntutan aksi yaitu penolakan terhadap ideologi ormas radikal HTI di Kab. Mamuju.

Dalam aksinya yang digelarnya, PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC. PMII) ini membawa berbagai alat peraga diantaranya spanduk besar bertuliskan ”pemerintah jagan diam tegakkan pancasila hilangkan ideologi HTI “.

Orasi yang dilakukan secara bergantian dengan tuntutan yaitu mendesak Gubernur Sulbar / Bupati Mamuju membentuk pergub/perbub tentang ormas radikal dan Pengawasan lingkup penyebaran ideologisasi ormas radikal.

Selain itu, para massa juga mendesak Gubernur dan Bupati mamuju untuk membentuk pansus ormas radikal sekaligus melakukan edukasi terhadap ex-simpatisan ormas HTI dan Tolak Full Day School.

Sementara itu, Bupati Mamuju yang menerima langsung para massa akan berupaya semaksimal mungkin serta mengkoordinasikan dengan instansi terkait guna perancangan perbub tentang ormas radikal diwilayah kab. Mamuju.

Untuk ASN yang masuk HTI, kami akan melakukan pemantauan dan membentuk tim Khusus sekaligus akan melibatkan unsur terkait seperti TNI/Polri dan instansi terkait lainnya dalam mencari solusi apabila mendapati adanya ormas radikal di wilayah Kab. Mamuju.

Terakhir, terkait Fullday School yang merupakan kebijakan pemerintah masih akan dirembukkan kembali apakah menguntungkan atauka hanya merugikan bagi pelajar. Tandasnya

Selanjutnya, massa bergeser ke Kantor Gubernur Sulbar untuk melakukan aksi yang serupa dan diterima langsung oleh Asisten I Prov Sulbar Nur Alam Tahir didampingi Ka Kesbangpol Prov Sulbar Rahmat Sanusi. Menanggapi tuntutan massa Pemerintah Provinsi Sulbar berjanji akan pergub ormas radikal dalam jangka 1-2 minggu kedepan. Tuturnya

Sedangkan Aksi tersebut dikawal dan diamankan langsung oleh Personil Polres Mamuju guna menjamin kemanan, ketertiban dan keselamatan para pengunjuk rasa dari segala bentuk ancaman.

Penulis : Wirad

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Srirahayunita

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password