Polres Merauke Launching Tahun Keselamatan Untuk Kemanusian Tahun 2017-2018

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Merauke – Kepolisian Resor Merauke melaksanakan Launching Tahun Keselamatan untuk Kemanusian tahun 2017-2018 di Mako Polres Merauke, Jumat (4/8/2017).

Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH yang didampingi Kasat Lantas Polres Merauke AKP Andyka Aer, Sik membuka kegiatan tersebut yang diawali dengan olahraga bersama Para Muspida Plus, Komandan Satuan TNI Polri, Perwakilan Anggota Kodim, Perwakilan Anggota Auri, Perwakilan Anggota Brimob, Perwakilan Dinas Perhubungan, Perwakilan Jasaraharja, Perwakilan BPJS dan ibu – ibu Bhayangkari.

Kapolres Merauke dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan data Kecelakaan selama Operasi Ramadaniya 2017, Pengamanan Bulan suci dan Hari raya Idul fitri 1438 H jumlah Korban Meninggal dunia akibat kecelakaan sebanyak 729 Orang dan Untuk Semester I Kabupaten Merauke jumlah Korban Meninggal dunia akibat kecelakaan sebanyak 12 Orang.

“Kesemuanya ini yang bertanggung jawab bukan hanya Polri saja namun semua pihak. Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 tentang Dekade aksi keselamatan jalan yang didalamnya memerintahkan kepada 5 pilar sebagai koordinator dibidang keselamatan,” kata Kapolres Merauke.

Pilar pertama, jelas Kapolres, manajemen keselamatan jalan, dimana yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah Bapeda. Pilar Kedua yaitu Jalan yang berkeselamatan yang bertanggung jawab adalah Pekerjaan Umum. Pilar Ketiga yaitu Kendaraan yang berkeselamatan yang bertanggung jawab adalah Dinas Perhubungan.

“Pilar Ke empat yaitu Perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan yang bertanggung jawab adalah Polri dan Pilar kelima yaitu Penanganan pra dan pasca kecelakaan yang bertanggung jawab adalah Dinas Kesehatan/Rumah Sakit,” ujar AKBP Bahara.

Polres Merauke Launching Tahun Keselamatan Untuk Kemanusian Tahun 2017-2018--

Faktor utama kecelakaan, lanjut Kapolres,  adalah diri pribadi sendiri. Banyak pengemudi yang ngantuk, mabuk karena Minuman keras. Faktor jalan yang rusak juga dapat menimbulkan kecelakaan, Faktor Kendaraan juga menentukan terjadinya kecelakaan.

“Akhirnya saya berharap dengan adanya kegiatan ini kita dapat menyampaikan kepada keluarga kita, saudara kita, masyarakat kita agar berhati-hati dalam berkendara kendaraan di jalan raya. Angka kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Merauke, kami akan upayakan di tekan dengan berbagai cara, kita harus laksanakan anev bersama dengan 5 pilar Keselamatan berlalu lintas dijalan raya,” ujar AKBP Bahara menutup sambutannya.

Staf ahli Bupati Drs. Agustinus Wulan Guritno yang mewakili Pemerintah Daerah Merauke menyampaikan bahwa Pemda sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan yang diprakarsai oleh Polres Merauke ini.

“Kepadatan kendaraan dijalan raya, rambu rambu lalu lintas agar di patuhi sehingga terhindar dari kecelakaan. Satlantas Polres Merauke kami berharap bertindak secara tegas termasuk para pejabat Daerah juga kalau salah agar ditegur,” tutur Agustinus.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada para korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Merauke dan pelepasan balon ke udara oleh Para Muspida Plus sebagai simbol launching tahun Keselamatan untuk Kemanusian tahun 2017-2018 di Kabupaten Merauke serta ditutup dengan atraksi Polisi Cilik Polres Merauke.

Polres Merauke Launching Tahun Keselamatan Untuk Kemanusian Tahun 2017-2018-

Penulis             : Andre
Editor               : Umi Fadilah
Publisher         : Reinaldy N R

 

Admin Polri54021 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password