Lahan Tambang Batubara di Balangan Kalsel Terbakar

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Sehubungan dengan adanya info hot spot dari BMKG Stasiun Meteorologi kelas II Syamsudin Noor tanggal 3 Juli 2017 (06.00 wita) tentang adanya hot spot di wilayah Kecamatan Juai dengan sikap Polres Balangan beserta tim penanggulangan kebakaran lakukan survei lokasi.

Informasi tersebut langsung ditanggapi oleh Kapolsek Juai Iptu, M. Naf’an, S.H  beserta anggota survei wilayah hukumnya terlebih dahulu pada pukul 09.48 Wita, Titik hot spot tersebut berhasil ditemukan berdasarkan titik kordinat yang mengarah ke pertambangan batubara areal PT. Adaro Indonesia.

IMG-20170804-WA0014

Diketahui, areal Tambang PT. Adaro yang terbakar tersebut dikerjakan oleh PT. SIS, lahan batu bara yang terbakar diperkirakan luasan kurang lebih 3 hektar.

Sesampainya dilokasi, tim penanggulangan bahaya kebakaran tidak dapat berbuat banyak, karena kebakaran tersebut sudah memasuki kawasan pertambangan yang mana banyak kendala yang dihadapi dengan medan yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pemadaman dengan peralatan pemadam standar.

Tidak tinggal diam, Kabag ops Polres Balangan Kompol Joko Sutopo, S.Sos langsung melakukan koordinasi dengan bagian safety tambang PT. SIS bapak Sumarno untuk penangganan awal kebakaran tersebut.

WhatsApp Image 2017-08-03 at 17.43.19

Kebakaran di areal tambang langsung ditangani oleh pihak PT. Adaro Indonesia, dan hingga saat ini masih dalam proses pemadaman,

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK melalui Kabag Ops Kompol Joko Sutopo, S.Sos Membenarkan kejadian tersebut, “Diperkirakan seluas 3 hektar lahan batubara terbakar, Untuk pemadaman kebakaran lahan batubara ini tidak bisa menggunakan air biasa harus dengan menggunakan zat kimia,” ungkap Kabag Ops.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password