Kapolsek Toba Polres Sanggau Hadiri Sosialisasi Pertambangan Pasir

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Kapolsek Toba Iptu Suwanto, SH menghadiri Kegiatan Sosialisasi Pertambamgan Pasir. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Belungai Dalam Kecamatan Toba, Rabu (02/08/2017).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh CV. Maju Jaya Makmur sesuai dengan Keputusan Gubernur Kalbar Nomor : 261 / DESDM / 2017 tanggal 23 Maret 2017 tentang Peningkatan Izin Usaha Pertambamhan Eksplorasi Menjadi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Komoditas Pasir Pasang.

Dalam sambutannya Kades Belungai Dalam Kecamatan Toba Ajang menyambut baik adanya infestor yang masuk ke wilayahnya dan berharap dapat bekerjasama dengan semua pihak sehingga dalam pelaksanaanya dapat berjalan lancar.

Camat Toba Jema’in, S.Ip, M.Si menyampaikan bahwa harus ada keseimbangan, saling pengertian, saling mendukung antara hak masyarakat dan kewajiban perusahaan terutama untuk menunjang pembangunan di Desa Belungai Dalam Kecamatan Toba.

Kapolsek Toba Iptu Suwanto, SH menyampaikan bahwa antara pihak perusahaan & masyarakat dapat bekerjasama dengan baik sesuai hak dan kewajibanya serta dalam setiap permasalahan bisa diselesaikan secara musyawarah dan tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis yang dapat merugikan semua pihak, selanjutnya memyampaikan pesan-pesan kamtibmas yaitu menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar dalam mengelola lahan pertanian tidak dengan cara membakar hutan dan lahan.

Sekcam Toba Paulinus Udin, S. Ap, M Link memaparkan tentang dampak yang diakibatkan adaya pertambangan pasir tersebut & aspek-aspek lain yang akan terjadi sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Terakhir, tim sosialisasi dari perwakilan perusahaan CV. Maju Jaya Makmur Budiyanto menjelaskan secara rinci tentang profil perusahaan dipimpin KTT Rido Rahmawan, perizinan yang sudah dimiliki, mekanisme kerja perusahaan dan kewajiban perusahaan.

Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan pembahasan menyeluruh tentang rencana kegiatan pertambangan pasir tersebut terutama tenaga kerja serta CSR sebagai pendapatan desa untuk pembangunan Desa Belungai Dalam.

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut adalah bahwa pihak perusahaan berencana akan melakukan penambangan pasir di wilayah Desa Belungai Dalam tersebut dan dalam pelaksanaanya dapat didukung oleh seluruh lapisan masayarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Toba, Kapolsek Toba, Sekcam Toba, Kasubbag Keuangan Kec. Toba, Pimpinan CV. Maju Jaya Makmur beserta staf, Kades Belungai Dalam, Kadus Belungai Dalam, Sekdes Ds. Belungai Dalam, Bhabinkamtibmas Ds. Belungai Dalam, tomas, todat, toga dan masyarakat Ds. Belungai Dalam Kecamatan, hadir seluruhnya sekitar 26 org.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password