Pelepasan Calon Haji 6 Personil Polda Sulut

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Enam personil Polda Sulawesi Utara di tahun 2017 ini akan melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

Mereka masing-masing Kompol Sudirman (Kabagren Polres Minahasa), AKP Anis Hilala (Ditlantas Polda), Iptu Mohammad Rosyid (Kapolsek Posigadan), Iptu Ruslanto (Ditlantas), Aiptu Utama Asram (Ditlantas) dan Aipda Idris (Yanma), masing-masing bersama isteri.

Pelepasan calon haji ini dilaksanakan di Mesjid Nurul Jihad Mapolda Sulut, usai Sholat Dzuhur, Kamis (3/8/2017).

Hadir dalam pelepasan tersebut, sejumlah Pejabat Utama Polda Sulut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado H. Rikson Hasanati, Ustad H. Rizal Kasim sebagai pembawa ceramah dan jamaah Masjid Nurul Jihad Mapolda.

Mewakili Kapolda Sulut, Dir Reskrimum Kombes Pol Untung Sudarto menyampaikan selamat kepada personil yang akan menunaikan ibadah haji. “Banyak orang mampu namun kesempatan mereka yang belum ada. Insya Allah bagi personil yang akan berangkat naik haji diberikan kesehatan, baik saat pergi maupun saat pulang serta mendapat predikat haji mabrur,” harapnya.

Salah satu personil Calon Haji, AKP Anis Hilala, menyatakan acara pelepasan tersebut sangat bermakna dan sangat berharga. Pimpinan Polda menurutnya sangat perhatian. “Ini dukungan semangat sehingga kami bisa melaksanakan haji dengan baik,” katanya

“Saya pribadi menyampaikan bahwa ini sangat mengharukan, sewaktu pelepasan haji sebelum-sebelumnya beberapa waktu lalu, saya sempat bertanya dalam hati kapan saya bisa naik haji dan Alhamdulillah doa saya diijabah oleh Allah SWT,” ucapnya dengan nada terharu.

Beliau mewakili 5 personil lainnya juga menyampaikan apabila ada tutur kata, tindakan yang tidak sesuai agar bisa dimaafkan yang sebesar besarnya.

Sementara itu, Ustad Rizal Kasim yang membawa ceramah pelepasan haji menyampaikan beruntung orang yang berangkat haji tahun ini, tentunya atas seijin Allah, katanya.

Ustad berpesan agar selalu mensucikan jiwa dan tidak menyekutukan Allah SWT. “Berangkat ke tanah suci merupakan dambaan semua umat muslim, makanya harus sering melatih kalimat talbiyah, ini untuk melatih kita menyempurnakan kalimat syahadat,” jelas Ustad.

Diingatkan juga agar jamaah haji bisa memanfaatkan ibadah haji untuk lebih meningkatkan taqwa kepada Allah SWT, dan harus punya keyakinan kepada Allah.  “Semakin tinggi keyakinan kita kepada Allah, maka semakin dekat kita kepada Allah,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado mengingatkan agar para calon haji Kota Manado ini agar mempersiapkan betul fisik dan kesehatannya.

“Karena tahun ini merupakan puncak cuaca ekstrim di Arab Saudi, suhunya sangat panas bisa mencapai 44 derajat Celsius,” katanya.

Personil Polda Sulut yang berangkat haji ini masuk dalam kelompok terbang (kloter) 13, dan rencananya akan masuk dalam asrama haji di Tuminting pada 13 Agustus 2017, dan keesokan paginya akan diberangkatkan menuju embarkasi Balikpapan.

Penulis: Supri
Editor: Umi Fadilah
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password