Periksa Personil dan Kelengkapan, Polda Malut Siap Amankan Pilgub 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum pagi tadi memimpin upacara gelar pasukan pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Malut 2018 mendatang.

Upacara gelar pasukan tersebut, diikuti oleh 1500 personil Polda Malut yang bertempat di lokasi pelabuhan perikanan Bastiong Kecamatan Kota Ternate Selatan, Rabu (2/8/2017).

Selain memimpin upacara, Jenderal Bintang Satu di Mapolda Malut itu, juga melakukan pemeriksaan pada seluruh personil dan kelengkapan baik Brimob, Sabhara maupun personil Polda lainya.

Kapolda, Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum usai melakukan pemantauan personil dan kelengkapan mengatakan, gelar pasukan yang dilaksanakan ini, untuk mempersiapkan diri menghadapi Pilgub 2018 mendatang.

Menurut Kapolda, sekarang ini kondisi dan situasi di Malut, sudah mulai meningkat, makanya Polda harus mempersiapkan diri mulai dari kesiapan personil maupun pelengkapan operasionalnya.

“Jadi nanti kalau ada hal-hal yang perlu di angkat maka, akan kita lanjutkan dengan program-program pra operasi, dan ini akan terus kita maintenance dan kita jaga akan melakukan pelatihan-pelatihan selanjutnya,” tuturnya.

Dengan segala perlengkapan dan personil yang ada di Polda Malut, menurutnya, Polda Malut akan selalu siap melakukan pengawalan seketat-ketatnya pada Pilkada 2018 mendatang.

Meski demikian, pihakanya juga mengakui, jumlah personil yang ada di Polda saat ini masih kurang, tetapi dengan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada ini, pihaknya akan selalu mengoptimalkan sehingga bisa memadai.

“Kita akan berusaha sekuat tenaga yang kita miliki untuk menciptakan situasi aman dan damai di Malut,” ucapnya.

Lanjut Kapolda, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan setingan-setingan di seluruh Polres jajaran guna melakukan perbantuan personil Polda ke Polres.

“Yang pasti untuk Beck-up Polres, itu akan kita sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di daerah tersebut,” tegasnya.

Disentil terkait dengan apakah ada permintaan penambahan kekuatan dari Mabes Polri, Kata Jenderal, untuk bantuan pengamanan dari Mabes Polri akan di sesuaikan, jika eskalasinya meningkat maka kita juga akan meminta bantuan penambahan personil untuk melakukan pengamanan.

Selain mengajukan permintaan pengamanan ke Mabes Polri, saat ini Polda juga membutuhkan alat angkut personil, seperti armada kapal, sebab, Provinsi Malut merupakan Provinsi kepulauan.

“Selain kapal, kita juga memerlukan adanya helikopter namun, helikopter yang kita butuhkan itu jika situasi memang sudah sangat situasional dan manakala itu memang di perlukan maka akan kita datangkan,” tuturnya

 

 

Penulis             : Mandala

Editor              : Umi Fadilah

Publish            : Mandala

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password