Pemilik Alat Berat Sepakat Tidak Menambang di Kawasan Hutan Lindung dan Konservasi Babel

Tribratanews.polri.go.id- Bidhumas Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Direktorat Reserse Kriminal khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan “Sosialisasi dan Penandatanganan Kesepakatan untuk tidak melakukan penambangan di Kawasan Hutan Lindung dan Hutan Konservasi” di Gedung Tribrata Polda Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (11/1/2017) mulai pukul 10.30 sd 12.30 WIB.

Jumlah undangan yang hadir sebanyak 127 orang pemilik alat berat dan 25 orang dari instansi terkait dari seluruh Wilayah Hukum Polda Kepulauan Bangka Belotung. Adapun Undangan dari instansi terkait meliputi : Ka Biro Perekonomian Setda Kep. Babel, Kadis Kehutanan Prop. Kep. Babel, Staf  BPKH Prov. Kep. Babel, Perwakilan Korem, Kodim, TNI AL dan AU, Dirreskrimsus, Wadir, Para Kabag, Kasubdit Dit reskrim sus Polda, Para Kasat Reskrim jajaran dan Seluruh pemilik alat berat di Daerah Hukum Polda Kep. Bangka Belitung.

Adapun susunan acara Sosialisasi tersebut yaitu :

1. Pembukaan

2. menyanyikan lagu Indonesia Raya

3. Doa

4. Sambutan dan Paparan dari Dir Reskrimsus Polda Kep. Babel Kombes Pol Mukti Juharsa SIK, dengan penekanan sebagai berikut :

– agar bersama-sama menjaga kelestarian hutan untuk anak cucu di masa depan.

– akan dilakukan penindakan dan penegakkan hukum  apabila ada alat berat masuk atau bekerja di hutan lindung dan hutan konservasi

– akan diterapkan UU RI Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba, UU RI Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) apabila ada penambangan di kawasan hutan lindung dan hutan konservasi. Pengenaan pasal akan dikumulatifkan sehingga lebih berat dan ada efek jera.

– dalam melakukan aktifitas penambangan di kawasan hutan harus dilengkapi dengan ijin baik IUP, IPR dan IUPK.

5.  Sambutan dari bapak Sekda Provinsi Kep. Babel yang diwakili oleh kepala biro perekonomian dengan isi sambutan mendukung langkah Polri dalam penegakan hukum penambangan dalam kawasan hutan.

6. Sesi tanya jawab. Dlm hal ini ada 4 orang undangan yang mengajukan pertanyaan dan diskusi dan selanjutnya dijawab Dir Reskrimsus, perwakilan dari dinas kehutanan Prov dan ka biro perekonomian Sekda Prov.

7. Pembacaan surat pernyataan dan penandatanganan surat pernyataan untuk tidak melakukan penambangan timah di kawasan hutan lindung dan hutan konservasi di Prop. Kepulauan Bangka Belitung oleh Seluruh Pemilik Alat Berat.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar dan tertib, seluruh peserta rapat mendukung langkah Polri untuk bersama sama menjaga kelestarian hutan.

img-20170111-wa0236-320x240

img-20170111-wa0236-320x240

img-20170111-wa0234-320x240

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password