Polres Bungo Tetapkan 5 Tersangka Pembakaran dan Penjarahan saat Demo di PT MSP

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jambi -Menyusul aksi demo massa yang berujung pada dijarah dan dibakarnya satu Pos Security dan Kantor serta Perumahan Karyawan PT Mega Sawindo Perkasa yang terletak di Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo,  oleh massa yang berasal dari Dusun Danau dan dusun Padang Palangeh, Kabupaten Bungo pada hari Rabu (19/7) kemarin, Polres Bungo Tetapkan 5 Tersangka pada kasus ini.

Sebelumnya, Orator demo yang bernama zakaria menyampaikan orasi, dalam orasinya terjadi aksi saling dorong mendorong antara masa pengunjuk rasa dengan pihak kepolisian dan tiba-tiba dari kerumunan masa melakukan pelemparan dengan batu ke arah petugas dan bangunan Pos Security serta bangunan kantor utama sehingga menyebabkan kaca bangunan pecah.

Di lokasi yang berbeda dengan jarak sekitar 500 meter dari Pos security massa melakukan pembakaran mess karyawan yang merupakan bangunan semi permanen dengan ukuran 56 Meter x 15 Meter ( sebanyak 14 petak) yang sudah dalam keadaan kosong karena ditinggalkan oleh penghuninya, dan massa melakukan penjarahan di 5 petak rumah kosong lainnya.

Jajaran Reskrim Kepolisian Resor Bungo tidak tinggal diam, petugas Kepolisian bertindak cepat dengan melakukan penangkapan terhadap para pelaku tindak pidana pengrusakan, penjarahan dan pembakaran.

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi SH SIk saat dikonfirmasi membenarkan penetapan tersangka tersebut, penangkapan berdasarkan Laporan Polisi Nomor :
LP/B/308/VII/2017/Jambi/Resbungo/SPKT, tanggal 20 Juli 2017 tentang Tindak Pidama Pengrusakan, Pencurian & Pembakaran.

Berdasarkan Laporan tersebut, Reskrim Polres Bungo pada Hari Senin (31/7/17), melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi yang terlibat pada aksi demo didepan kompleks kantor & pabrik PT Mega Sawindo Perkasa.

Para tersangka yang diduga melakukan pengrusakan dan pembakaran juga diperiksa oleh tim penyidik.

Selanjutnya, kemarin Senin (31/7/2017) telah di lakukan gelar perkara di ruang gelar satreskrim Polres Bungo dengan di pimpin oleh Kasat Reskrim AKP Afrito Marbaro, SH.,SIK, sehingga berdasarkan hasil pemeriksaan saksi-saksi, di sepakati oleh peserta gelar terhadap para saksi yang melakukan tindakan pengrusakan, penjarahan dan pembakaran dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan.

Para pelaku yang telah dijadikan tersangka adalah Zakaria Als karya, Muhammad Nuh Als Nuh, Oki Suhardi Als Oki, Roiyan Faisal Als Royan dan Muhammad Abuzar Als Abuzar, kepada masing-masing tersangka dijerat dengan pasal 160 Jo Pasal 170 ayat (1) KUHPidana.

Dari kejadian itu, petugas menyita barang bukti berupa Pecahan Kaca Pos Security PT MSP, Pecahan Kaca Kantor PT MSP, Mesin absen fingger rusak, 1 ( satu ) lembar surat perangkat aksi Dsn Danau & Dsn Padang Palangeh, Bongkahan batu dan Bukti Rekaman.

Saat ini penyidik sedang melakukan pengembangan terhadap tersangka yang lain.

Penulis : Lilik Adhi
Editor : Umi Fadilah
publish : Lilik Adhi

Admin Polri54013 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password