Spesialis Pencuri Spare Part Mobil di Bone Akhirnya Dibekuk Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Tim Reserse Mobile (Resmob) Polres Bone dipimpin Bripka Sukarman membekuk dua pria di Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Senin (31/7/17) sore sekira pukul 15.30 Wita.

Keduanya diketahui bernama Rofii alias Fi warga jalan Salak Watampone dan rekannya Bahar alias Pongki (31) warga Lonrae.

Kedua pelaku dibekuk lantaran diduga mencuri spare part mobil di dalam gudang yang berlokasi di Kelurahan Watang Palakka, Kecamatan Tanete Riattang Barat, berupa satu set gardan mobil, satu Set Pencuci Mobil, dua Accu Merek yuasa 50 Ampere, satu Catok duduk, satu tromol Mobil, satu pelek Mobil, satu rantai penarik mobil ukuran 4 Meter, satu has patah, satu per mobil, satu dinamo stater, satu karung besi tua.

Penangkapan kedua pelaku berawal dari laporan Kamsir (40), ditindak lanjuti oleh aparat Kepolisian Sektor Tanete Riattang, melakukan koordinasi dengan Tim Resmob Polres Bone.

Lebih dari sebulan, hasil penyelidikan petugas berpakaian preman itu akhirnya terkuak dan berhasil melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku.

Dihadapan aparat, keduanya mengaku telah mencuri alat alat mobil tersebut dengan merusak dan melewati dinding gudang bagian belakang. Dari tangannya, Polisi menyita barang bukti berupa satu set gardan mobil dan satu set pencuci mobil dan sebagian barang bukti telah di jual ke kota Makassar.

Kapolsek Tanete Riattang Kompol A. Asdar, A.Md. membenarkan penangkapan tersebut.

“Saat ini kedua pelaku kami amankan, keduanya sudah mengakui perbuatannya dan sebagian barang hasil curiannya telah dijual,” tutur A. Asdar.

Dalam melakukan pencurian, seorang melakukan pencurian bukan karena tidak ada faktor atau alasan untuk melakukan kelakuan tercela tu. Seorang pencuri dalam melakukan aksinya pun memiliki alasan kenapa dia harus mencuri. Alasan-alasan itu di antaranya adalah:

  1. Adanya niat

Jika niat sudah kuat, apa pun bisa dilakukan, kesempatan bisa diciptakan karena memang sudah ada niat kuat untuk melakukan pencurian tersebut. Karena niat memiliki peran peting dalah melakukan tindakan tidak terkecuali dalam pencurian, jika miat sudah bulat maka rintangan apapun akan tetap dihadapi jika sudah datang waktu yang telah direncanakan.

  1. Adanya kesempatan

Hal ini sesungguhnya kurang mendasar dalam hal alasan orang melakukan pencurian, namun hal ini bisa menjadi alsan kenapa oaring melakukan pencurian. Seseorang terkadang tiada niatan pada awalnya untuk mencuri, namun seiring adanya peluang atau kesempata maka niatan untuk mencuri dapat timbul seketika tanpa ada niatan yang terencana sebelumnya.

  1. Faktor ekonomi

Hal ini merupakn alasan yang cukup mendasar kenapa orang melakukan pencurian, para pencuri melakukan pencurian biasanya dengan dalih untuk mencari penghasilan untuk menyambung hidup mereka.

  1. Kurangnya iman

Pada dasarnya ini adalah alasan yang paling mendasar dari pencurian. Seorang pencuri tidak mungkin memiliki aqidah dan keimanan yang kuat kepada Allah sebagai zat yang mengatur kehidupan di dunia ini. Orang yang aqidah dan keimanan yang kuat sudah pasti ia tidak akan melakukan pencurian walaupun ada kesempatan dan ekonomi yang tidak stabil, bahkan niatan untuk mencuri pun tidak ada dalam benaknya.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password