Polisi Menyelesaikan Permasalahan Kekerasan Dimuka Umum Secara Bersama-sama

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Polres Jayapura – Bertempat di Mako Polsek Unurum Guay telah dilaksanakan penyelesaian masalah tindak pidana secara bersama-sama di muka umum melakukan kekerasan terhadap orang atau barang yang di pimpin oleh Bhabinkamtibmas Kampung Santosa Bripka Risal Ramli dan Kanit Reskrim Polsek Unurum Guay Brigpok Risyal. (Senin 31/7/2017).

Hadir dalam penyelesaian permasalahan tersebut diantaranya Yakob Bay (Korban), Harun Gorto, Isak Gorto, Yahya Gorto (ketiganya pelaku), LMA Distrik Unurum Guay Mathias Sanggra, Kapela Kampung Sentosa Lambert Targualam, LMA Distrik Nimboran Simon W. Waipon dan Ondoafi Kampung Hombrop Nimbrot Wouw.

Penyelesaian masalah tindak pidana secara bersama-sama di muka umum melakukan kekerasa terhadap orang atau barang di awali dengan arahan Bapak Mathias Sanggra selaku LMA Distrik Unurum Guay menyampaikan bahwa permasalahan yang terjadi di kampung sentosa adalah kesalahpahaman antara kedua belah pihak tentang masalah batas wilayah suku dan kedua belah pihak harus saling memaafkan karena akibat dari kesalapahaman tersebut terjadilah tindakan pemukulan yang dilakukan oleh para pelaku terhadap korban.

Dilanjutkan dengan penyampaian dari Bapak Simon W. Waipon selaku LMA Nimboran bahwa permasalahan batas tanah adat atau suku harus diselesaika  menurut aturan adat dan tidak boleh langsung mengambil tindakan kekerasa  karena akan merugikan kedua belah pihak karena jika terjadi masalah pidana akan di proses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Kesempatan ini Bhabinkamtibmas Bripka Risal Ramli melakukan mediasi permasalahan tersebut antara kedua belah pihak dan Kanit Reskrim Brigpol Risy memberikan pemahaman tentang aturan hukum kepada kedua belah pihak terkait permasalahan ini serta memberitahu kalau aturan pidana tidak terkait dengan masalah aturan adat atau hukum adat.

Setelah diberi pemahaman kedua belah pihak sepakat berdamai dan pelaku bersedia mengganti rugi seluruh biaya pengobatan yang korban keluarkan selama berobat.

Penulis : Andi

Editor    : Umi Fadila

Publish : Simson

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password