Kapolres Jayapura Hadiri Rapat Koordinasi KPU Prov. Papua dengan Pasangan Cabup dan Cawabup Jayapura Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id.- Polda Papua – Polres Jayapura.- Sentani.- Bertempat di Hotel Grand Alisson ruang Cenderawasih telah dilaksanakan Rapat Koordinasi KPU Provinsi Papua selaku akpu Kab. Jayapura dengan pasangam Calon Bupati dan Calon Bupati Kab. Jayapura Tahun 2017 terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU). Senin 31/7/2017.

Adapun pasangan Calon yang hadir Nomor urut 2 Mathius Awoitauw. SE. M.Si dan Giri Wijayanto, Nomor urut 3 Godlief Ohee, Nomor urut 4 Siska Yoku dan Marselino Waromi, Nomor urut 5 Jansen Monim. ST. MM dan Abdul Rahman Sulaeman. SE.

Kominisioner KPU Provinsi Papua yang hadir diantaranya Ketua KPU Prov. Papua Adam Arisoy. SE., Komisioner KPU Prov. Papua Isak Hikojabi.SE., Komisioner KPU Prov. Papua Beatriks Wanane. S.Pd Devisi Penyelenggara dan Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Ir. Sombuk Musa Yosef. M.Si.

Forkompinda yang hadir Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas. SH. S.IK, Dandin 1701/Jayapura Letkol Indf. Nova I., Danyon 751/R Letkol Inf. Akmil Satria Yudha Darmawi, Pabung Kodim Mayor Hariyanto, Pasi Intel Koren 172/PWJ Mayor Jhon F. Daher. SH, Kabag Ops Res Jayapura AKP Roberth Hitipeuw. SH.MH, Ketua DPR Kab. Jayapura Edison Awoitauw. ST, Ka Kesbangpol Kab.Jayapura Yantodago.SE. dan Para Tim Sukses Pasangan Calon.

sen1

Kesempatan ini Ketua KPU Prov. Papua Adam Arisoy. SE. menyampaikan KPU Provinsi memiliki jadwal yang sangat padat sehingga kami baru hari ini bisa melakukan pertemuan kepada kelima pasangan calon bupati yang ada di kab. jayapura, KPU Prov. Papua akan mengawal prosesi pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa daerah di provinsi papua seperti Kab. Tolikara, Kab. Intan Jaya, Kab. Lany Jaya, Kab. Puncak Jaya, Kab. Puncak Jaya, Kab. Yapen dan Kab. Jayapura yang kita akan bahas saat ini.

“Untuk para pasangan calon kami harapkan mendukung KPU Provinsi untuk melakukan mengecekan dokumen ini karena dokumen ini sudah pernah dibawah oleh penyidik Gakkumdu dalam proses hukum dan kami harap data lama masih ada dipasangan calon sebagai data lampiran C1 Plano yang foto copy dan semua keputusan DKPP ada menyangkut dokumen yang terdapat dalam kotak surat suara yang di taruh dalam dokumen di KPU kab. jayapura,”ucap Ketua KPU Provinsi Papua.

Dijelaskan juga kesiapan KPU Provinsi terkait penyelenggara tingkat bawah banyak yang telah mendaftar dan kami telah mengumumkan sepuluh besar PPD dan Enam Besar PPS peserta yang lolos test dan dari hasil ini banyak tanggapan masyarakat serta KPU Prov. Papua akan melakuka sosialisasi terhadap masyarakat kab. jayapura terkait pelaksanaan PSU lewat radio, media masa, pemasangan spanduk dan media lainnya dan KPU Prov. Papua sudah merencanakan PSU di kab. jayapura akan dilaksanakan pada tanggal 09 Agustus 2017.

sen3

Ditambahkan juga bahwa terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang kita minta dukungan dari pasangan calon dan terkait waktu pelaksanaan PSU apabila tidak memungkinan dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2017 menurut pasangan calon silahkan membuat surat ke KPU Provinsi dan kami akan teruskan ke KPU RI sebagai dasar kami untuk mengundur waktu pelaksanaan pemungutan suara ulang di kab. jayapura.

Penyampaian Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Nova I. bahwa kehadiran kami disini ada sebagai keamanan dan kami hadir untuk mendukung semua keputusan yang diambil dalam prosesi pertemuan hari ini, kapanpun pelaksanaan PSU di kab. jayapura kami dari pihak keamanan siap dan terkait rencana waktu yang ditetapkan dalam perubahan jadwal pelaksanaan harus sudah di hitung dan disesuaikan dengan jadwal penyelenggara yang padat serta terkait tanggal 17 Agustus 2017 kita tau semua bahwa semua lapisan masyarakat mengidam-idamkan hal itu.

Dilanjutkan penyampaikan Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas. SH. S.IK bahwa untuk dokumen 119 aspek hukumnya dan administrasinya sudah di teliti dengan baik dan tidak ada yang terabaikan dan terkait pada saat pelaksanaan pemungutan suara tanggal 15 Februari 2017 saya juga di periksa oleh Mabes Polri selama 3 hari dan di cecar banyak pertanyaan seperti apakah pada saat pelaksanaan aman dan secara pelaksanaan di TPS aman tidak ada keributan seperti pembakaran, pengrusakan TPS tetapi ada pelanggaran Pilkada yang terjadi yang kita tau bersama serta pelaksanaan saat itu terlaksana dengan aman.

“Terkait waktu pelaksanaan pemungutan suara ulang sudah harus disiapkan administrasi sampai penyelenggara tingkat bawah serta dalam hal ini pelaksanaan PSU Provinsi perlu menerima masukan dari bawaslu dan pihak keamanan agar tidam terjadi permasalahan nantinya pada saat pelaksanaan hari H pemungutan suara ulang,”terang AKBP Gustav R. Urbinas. SH. S.IK.

Penulis : Andi/Guntur

Editor : Umi Fadilah

Publish : Vickhy Merani LND

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password