Polsek Hulu Gurung Melaksanakan Tatap Muka

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Bertempat di Aula Kemitraan Polsek Hulu Gurung, pada hari Senin, 31/7/2017 mulai pukul 08.00 s/d 10.35 wib telah dilaksanakan Silaturahmi/Tatap Muka.

Tampak hadir dalam kegiatan Tatap Muka tersebut Camat Hulu Gurung, Danramil 14 Landau Kumpang Kec. Hulu Gurung, Kades se-Kecamatan Hulu Gurung beserta beberapa Perangkat Desa, Sekdes dan para Kaur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Tokoh Pemuda yang kurang lebih berjumlah 50 orang.

“Tujuan dilaksanakan Tatap Muka atau Silaturahmi ini adalah bertujuan untuk mensosialisasikan dan menghimbau untuk antisipasi Karhutla dan larangan Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) kepada para Kades dan undangan yang hadir” ujar Kapolsek Hulu Gurung.

Dalam sambutannya Kapolsek Hulu Gurung Ipda Alin Daya mengatakan bahwa bahaya dampak dari Kebakaran Hutan dan Lahan yang tanpa disadari oleh masyarakat kita yaitu berladang berpindah-pindah yaitu dengan cara pembukaan lahan baru dengan menebang pohon dan membakar adalah hal yang membahayakan kelanjutan ekosistem Hayati Lingkungan sesuai dengan UU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Nomor 32 tahun 2009 yang dimana poin pada Pasal 70 ayat 1 mengatakan, bahwa “Masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup” dan pada ayat 3 (e) berbunyi “Mengembangkan dan menjaga budaya kearifan lokal dalam rangka pelestarian fungsi Lingkungan Hidup” dan pada Bab I Ketentuan Umum di pasal 1 ayat (1),(2), (3), (7) dan (9) serta pasal-pasal yang lainya.

Demikian pula kegiatan Peti (Larangan Peti) dapat merusak Lingkungan permukaan tanah yang tidak dapat lagi digunakan tumbuh-tumbuhan hidup sebagai penopang bersihnya udara dan dampak pada curah hujan banjir, air bah, tanah longsor. Untuk Kebhinekaan yang di Kecamatan Hulu Gurung yang mana Kec. Hulu Gurung adalah mayoritas Umat Muslim diharapkan untuk dapat menjaga kekompakan serta menjaga (Uqhuwah Islamah). Terhadap berita/isyu, informasi dari Media Sosial baik berupa Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya diharapkan kepada Masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita belum tentu kebenarannya (Hoax) dan yang terakhir saya selaku Kapolsek Hulu Gurung menghimbau marilah kita bersama-sama menjaga Keamanan Lingkungan tempat tinggalnya masing-masing dan mengajak marilah kita menjadi polisi untuk diri kita sendiri ujar Ipda Alin Daya mengakhiri sambutannya.

Penulis : Jaspian/Alin Daya
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password