Polsek Semitau Mencari Titik Hot Spot di Wilayah Kecamatan Semitau

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Polsek Semitau Minggu (30/7/2017) pukul 09.00 wib Kapolsek Semitau beserta Anggota, Danramil Semitau beserta Anggota dan Tim Manggala Agni mencari titik hotspot sesuai satelit BMKG / AQUA tgl 29 Juli 2017 di Wilayah Kec. Semitau.

Dalam pencarian titik api (Hot Spot) Tim menemukan sumber titik api di Desa Sekedau. Setelah dicocok kan dengan data yang diterima, GPS milik Manggala Agni menunjukan bahwa lokasi lahan yang terbakar tersebut sesuai dengan titik kordinat satelit AQUA. Selanjutnya di lakukan pengecek sisa dari lahan yang terbakar karena dikhwatirkan masih adanya api yang menyala dan akan membakar lahan di sekelilingnya karena didaerah tersebut banyak bahan yang mudah terbakar seperti rumput kering dan kayu. Saat di temui di rumahnya pemilik lahan menyampaikan bahwa lahan tersebut sengaja di bakar karena akan digunakan sebagai lahan pertanian, ujar Kapolsek Semitau Ipda Dayan.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Semitau Ipda Dayan menghimbau kepada Masyarakat dan pemilik lahan yang terbakar, agar tidak lagi membakar lahan karena dampak dari kebakaran hutan dan lahan dapat menggangu dan merugikan Masyarakat. Salah satu contoh Asap dari kebakaran tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan pernapasan seperti penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA ) serta bagi pelaku pembakar lahan, hutan dan kebun dapat dikenakan dengan sanksi yang sangat berat terang Kapolsek Semitau Ipda Dayan.

Penulis : Mahadi Edma
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password